kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.667.000   5.000   0,30%
  • USD/IDR 16.354   -74,00   -0,45%
  • IDX 6.626   -116,47   -1,73%
  • KOMPAS100 984   -11,71   -1,18%
  • LQ45 775   -9,71   -1,24%
  • ISSI 202   -1,68   -0,82%
  • IDX30 401   -5,64   -1,39%
  • IDXHIDIV20 481   -8,39   -1,71%
  • IDX80 112   -1,42   -1,25%
  • IDXV30 117   -1,40   -1,18%
  • IDXQ30 133   -2,01   -1,49%

Periode Januari 2025, KAI Amankan Barang Penumpang Senilai Rp 1,19 Miliar


Minggu, 09 Februari 2025 / 14:47 WIB
Periode Januari 2025, KAI Amankan Barang Penumpang Senilai Rp 1,19 Miliar
ILUSTRASI. Penumpang duduk di dalam gerbong Kereta Api Argo Parahyangan tujuan akhir Stasiun Gambir, Jakarta di Stasiun Bandung, Jawa Barat, Kamis (23/1/2025). Seiring dengan pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api 2025, mulai 1 Februari 2025 PT KAI merubah nama Kereta Api Argo Parahyangan menjadi Kereta Api Parahyangan dikarenakan pada KA Parahyangan tidak seluruh rangkaiannya merupakan kelas eksekutif. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/tom.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat telah menyelamatkan sebanyak 957 barang yang tertinggal di kereta api maupun di stasiun sepanjang Januari 2025. 

Vice President of Public Relatiions KAI Anne Purba menyebut  nilai dari barang yang telah diamankan diperikarakan mencapai Rp 1,19 miliar. 

"KAI berhasil mengamankan sebanyak 957 barang yang tertinggal di kereta api maupun stasiun sepanjang Januari 2025. Total nilai barang yang diamankan diperkirakan mencapai Rp1,19 miliar," katanya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (9/2). 

Baca Juga: KAI Tutup 8 Perlintasan Sebidang Selama Januari 2025, Imbau Masyarakat Tak Buka Lagi

Anne bilang barang-barang yang berhasil diamankan KAI milik penumpang yang tertinggal meliputi makanan dan minuman, tumbler, charger, jam tangan, hingga barang berharga seperti gadget, perhiasan, dokumen penting, dan uang tunai. 

"Dari total barang yang ditemukan, 371 di antaranya merupakan barang berharga. Sebagian besar telah berhasil dikembalikan kepada pemiliknya, sementara beberapa barang lainnya masih disimpan oleh KAI karena belum diambil oleh pemiliknya," ungkap Anne. 

Sebagai upaya untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan, KAI menyediakan layanan Lost and Found yang memudahkan pelanggan dalam melaporkan barang yang tertinggal.

Baca Juga: Bersiap War Tiket Lebaran, Ini Jadwal Pemesanan Tiket Kereta Api Mudik 2025

Pelanggan yang merasa kehilangan barang dapat menghubungi petugas di stasiun atau mengakses Contact Center KAI 121 melalui nomor telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial @KAI121 agar dapat segera ditindaklanjuti. 

Layanan Lost and Found merupakan salah satu bentuk komitmen KAI dalam menghadirkan layanan transportasi yang aman dan nyaman.

"Kami memastikan bahwa setiap barang yang tertinggal di area stasiun maupun di dalam kereta api dapat diamankan dan dikembalikan kepada pemiliknya tanpa dipungut biaya,” kata Anne.

Layanan Lost and Found sebagai upaya KAI dalam menghadirkan layanan prima bagi pelanggan. Dengan sistem yang terorganisir dan responsif, KAI berupaya memberikan pengalaman perjalanan yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh pengguna jasa kereta api. 

Meski demikian, KAI tetap mengimbau seluruh pelanggan untuk selalu menjaga barang bawaan mereka saat berada di stasiun maupun di dalam perjalanan.

“Kami berupaya memberikan pelayanan terbaik, namun tanggung jawab utama terhadap barang pribadi tetap berada pada pelanggan itu sendiri,” kata Anne pula.

Komitmen ini sejalan dengan misi KAI dalam mewujudkan Astacita, khususnya dalam menyediakan layanan transportasi yang aman, nyaman, dan berkelanjutan.

Melalui kehadiran layanan Lost and Found, KAI berharap dapat meningkatkan rasa aman dan kepercayaan pelanggan dalam menggunakan transportasi kereta api.

"Untuk informasi lebih lanjut terkait layanan Lost and Found, pelanggan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 atau mendatangi langsung kantor layanan pelanggan di stasiun terdekat,” tutup Anne.

Baca Juga: Cara Beli Tiket Kereta Api Lebaran 2025 lewat KAI Access dan Website Resmi

Selanjutnya: Tetap Berhemat Meski Kaya Raya, Ini 5 Tips Berhemat dari Para Miliarder Dunia

Menarik Dibaca: Cara Mudah Top Up Saldo BRIZZI di Shopee dengan NFC

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag

TERBARU
Kontan Academy
Mastering Finance for Non Finance Entering the Realm of Private Equity

[X]
×