Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meningkatnya tren belanja online di Indonesia selama masa pandemi telah mendorong MIiniso untuk melakukan optimasi bisnisnya melalui kerja sama dengan Jet Commerce, perusahaan e-commerce enabler penyedia solusi e-commerce terpadu.
Kerja sama yang dijalin sejak bulan April lalu, turut menjawab tantangan dalam mengelola bisnis di e-commerce selama pandemi.
Yingying Wu, E-commerce Marketing Manager Miniso menjelaskan, dalam menghadapi berbagai tantangan dan ketidakpastian selama pandemi ini, pihaknya wajib beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.
"Kerja sama ini merupakan upaya Miniso dalam beradaptasi untuk dapat memahami perubahan kebiasaan dan kebutuhan para pelanggan di masa sulit ini. Bersama Jet Commerce, kami ingin memastikan setiap kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi dengan mudah, serta pengiriman produk dalam keadaan aman dan tepat waktu," ungkap YingYing Wu, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan, Senin (13/7).
Baca Juga: Miniso bakal bangun 100 gerai baru di 2018
Seperti yang diketahui, meski memberikan berbagai dampak negatif yang berkepanjangan di berbagai sektor, pandemi COVID-19 juga telah memicu terjadinya perubahan kebiasaan berbelanja masyarakat.
Seperti yang dilansir dari laporan Badan Pusat Statistik bertajuk "Tinjauan Big Data Terhadap Dampak Covid-19 2020", yang menemukan bahwa terjadi peningkatan penjualan online sebesar 320% pada bulan Maret dan 480% pada bulan April dibandingkan dengan bulan Januari.
Sejak 2016, Miniso telah berdiri di Indonesia dengan memiliki lebih dari 171 gerai luring yang tersebar di berbagai kota di Indonesia, dan kini MINISO telah memperluas jangkauannya dengan membuka gerai daring di berbagai platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Lazada, Blibli, JD.ID, dan HappyFresh.
“Dengan semakin bertambahnya akses bagi pelanggan dalam mendapatkan produk – produk Miniso, upaya kami dalam menjaga kepercayaan dan pengalaman berbelanja konsumen di semua gerai juga harus ditingkatkan, termasuk pada gerai daring yang kami miliki,” tambah Wu.
Untuk itu, Miniso memanfaatkan layanan Order Fulfillment atau pengelolaan pesanan milik Jet Commerce untuk membantu mengatur setiap proses pesanan yang terjadi dari mulai pengelolaan pesanan, pengemasan pesanan, pengelolaan pengiriman melalui mitra logistik Jet Commerce, hingga proses pengembalian jika ada pesanan yang bermasalah.
Baca Juga: Miniso incar lokasi ekspansi di Jabodetabek
Dalam kerja samanya dengan Jet Commerce, Miniso juga menggunakan layanan Inventory Management atau pengelolaan inventaris untuk membantu proses pengelolaan Stock Keeping Unit (SKU) produk – produknya.
Mulai dari mengoptimalkan strategi penjualan Miniso di berbagai platform e-commerce, hingga menganalisa data inventaris dan penjualan produk Miniso dengan menggunakan Warehouse & Order Management System yang terintegrasi dengan berbagai platform e-commerce, sehingga turut memudahkan proses pemantauan dan pelacakan setiap produk yang dipesan.
CEO Jet Commerce Indonesia, Webber Chen, dalam menyambut kerja sama ini menjelaskan jika kepercayaan pelanggan bagi bisnis consumer goods seperti Miniso merupakan hal vital namun melibatkan upaya yang kompleks.
"Untuk itu melalui kerja sama ini kami akan mendukung pertumbuhan bisnis Miniso dengan memastikan kebutuhan pelanggan akan produk – produk Miniso terpenuhi dalam keadaan aman, dan dengan pengalaman berbelanja yang baik," tambah Webber Chen.
Selain berpengaruh terhadap pengalaman berbelanja pelanggan, strategi pengelolaan pesanan yang baik dari hulu hingga hilir dan pengelolaan inventaris dapat berpengaruh terhadap performa bisnis.
Pengelolaan inventaris dan pesanan merupakan hal krusial bagi bisnis di e-commerce. Selain dapat bermanfaat dalam efisiensi biaya dan peningkatan cash flow perusahaan, dengan pengelolaan inventaris yang baik, perusahaan dapat menghindari kerugian yang disebabkan oleh stok produk yang kedaluwarsa, rusak, ataupun sudah tidak relevan dengan permintaan pasar,” lanjut dia.
Baca Juga: Saat lokal keok, peritel asing semakin oke
Sejak dimulainya kerja sama ini pada awal April lalu, Miniso telah mencatat kenaikan jumlah pesanan sebanyak 1,3 kali lipat dibandingkan dengan sebelum masa pandemi.
Beberapa produk penunjang aktivitas di rumah milik Miniso tercatat menjadi kategori dengan jumlah pesanan terbanyak selama masa pandemi antara lain, kategori Fashion dengan produk tas dan parfum yang terjual sebanyak 30% dari total penjualan.
Disusul oleh kategori produk Home Living, seperti produk Yoga Mat untuk berolahraga di rumah yang kerap dilakukan selama masa pandemi, dan storage box, yang terjual sebanyak 25%, dan kategori produk Electronics seperti headphones yang banyak diminati untuk kebutuhan online conference atau hiburan, yang terjual sebanyak 10% dari total keseluruhan penjualan Miniso selama masa pandemi.
Dalam kerja sama ini, Jet Commerce membantu Miniso dalam melakukan pengelolaan inventaris terhadap lebih dari 1.800 SKU di berbagai platform e-commerce, yang terdiri dari lima kategori produk, yakni Fashion: tas, dompet, sandal, kaus kaki, topi; Home Living: storage box, alat olahraga, peralatan dapur; Beauty: kosmetik, parfum, alat makeup, perawatan kulit; Electronics: earphones, headphones, aksesoris komputer, kipas angin mini; Pillow & Plush Toys: bantal dan mainan anak.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News