kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perkuat Infrastruktur dan Teknologi AI, Ini Jurus Lazada Kembangkan Sistem Logistik


Kamis, 01 September 2022 / 21:42 WIB
Perkuat Infrastruktur dan Teknologi AI, Ini Jurus Lazada Kembangkan Sistem Logistik
ILUSTRASI. CEO Lazada Group dan Lazada Indonesia, James Dong di kantor pusat?Lazada Group, Singapura.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - SINGAPURA. Chief Officer Lazada Group James Dong mengatakan, pihaknya terus akan memperkuat dan fokus mengembangkan jalur logistik yang terbaik. Pihaknya menilai, dibandingkan dengan pemain lain dalam industri e-commerce, James menilai Lazada memiliki infrastruktur logistik terbaik.

"Tidak ada yang memiliki infrastruktur logistik terbaik seperti kami. Kami aktif membangun warehouse dan hub tak hanya di lokasi-lokasi besar tetapi juga di daerah lain untuk menjangkau daerah lebih jauh," ujarnya saat ditemui oleh media di Singapura dalam acara Lazmall Brands Future Forum (BFF) 2022, Kamis (1/9).

Pihaknya juga tidak melihat bahwa rencana kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) yang terjadi di Indonesia bukanlah sebagai tantangan besar, mengingat hub dan gudang Lazada tersedia di manapun.

Baca Juga: HUT ke-10 Tahun, Lazada Prediksi Pengguna E-Commerce di Asia Tenggara Capai 413 juta

Sebagai informasi, pemerintah dikabarkan masih mengkaji kenaikan harga BBM alias bahan bakar minyak bersubsidi jenis pertalite dan solar, seiring dengan melonjaknya harga komoditas energi. Di tengah kondisi ini, Lazada menerapkan strategi untuk menggenjot efisiensi.

CTO Lazada Group Howard Wang juga menambahkan, untuk mempercepat dan mendukung efisiensi logistik, Perusahaan menggunakan teknologi kecerdasan buatan alias artificial intelligence (AI) untuk mempercepat perjalanan kurir. "Hal ini supaya penggunaan kendaraan itu efisien,” kata dia.

Selain itu, Lazada bekerja sama dengan pihak ketiga dalam menyediakan kendaraan listrik. E-commerce ini melalui unit logistik Lazada Logistics berkolaborasi dengan PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk menyediakan #BlueVehicle di Indonesia.

Blue Vehicle merupakan armada pengiriman paket ramah lingkungan bagi mitra kurir (frontliner) menggunakan kendaraan listrik. Smoot akan menyediakan Smoot Motor sebagai kendaraan berbasis listrik utama bagi frontliner Lazada Logistics di Jakarta.

Baca Juga: Teknologi Lazada Logistics Bantu Operasional Brand & Penjual Lokal Indonesia Efisien

"Di bidang logistik, Lazada juga mengintegrasikan jaringan penyimpanan dan pengiriman barangnya dengan Alibaba. E-commerce ini pun bekerja sama dengan layanan logistik di bawah naungan Alibaba yakni AliExpress," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×