kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.36%
  • RD.CAMPURAN -0.47%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Permintaan jasa servis mobil Mitsubishi di ramadan ini turun dibanding tahun lalu


Selasa, 12 Mei 2020 / 20:48 WIB
Permintaan jasa servis mobil Mitsubishi di ramadan ini turun dibanding tahun lalu
ILUSTRASI. Sejumlah mekanik memeriksa kondisi mobil di bengkel resmi Mitsubishi Nusantara Pekanbaru, Riau, Rabu (29/5/2019). .

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Permintaan jasa servis mobil PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) pada bulan Ramadhan kali ini nampaknya tidak akan seramai tahun-tahun sebelumnya.

Head of After Sales Planning & Marketing Department MMKSI, Ronald Reagan mengatakan, biasanya permintaan jasa servis di tiga minggu sebelum menjelang lebaran cukup tinggi lantaran adanya keperluan untuk mudik pada tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga: Pasar kendaraan niaga diramal lesu di sepanjang semester I

Menariknya, sejauh ini tren yang demikian tidak dijumpai pada bulan Ramadhan kali ini. Bahkan, sejauh ini permintaan jasa servis yang ada menunjukkan penurunan hingga hampir mencapai 30% bila dibandingkan periode sama pada Ramadhan tahun lalu.

Dugaan Ronald, angka permintaan jasa servis yang turun mengindikasikan kepatuhan masyarakat dalam mengikuti larangan mudik dari pemerintah. “Yang datang ke bengkel paling memang hanya untuk me-maintain yang memang sudah jatuh tempo untuk perbaikan berkala, bukan untuk persiapan mudik,” kata Ronald dalam sesi jumpa pers yang dihelat secara virtual pada Senin (11/5).

Sedikit informasi, MMKSI memang masih memberikan layanan purnajual secara normal melalui diler-diler yang sudah mengantongi izin operasi dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) di tengah pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kegiatan operasional yang dijalankan tentunya dilakukan dengan memerhatikan protokol pencegahan penyebaran pandemi corona (covid-19).

Sejauh ini, terdapat setidaknya 52 diler yang beroperasi dan telah mengantongi izin operasi Jabodetabek dan Jawa Barat (region 1), 9 diler di wilayah Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Bali (region 2), serta 15 diler di wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Indonesia Bagian Timur (IBT)(region 3). Sementara itu jumlah diler yang sedang dalam proses pengajuan izin operasional di antaranya terdiri dari 1 diler di region 2 dan 2 diler di region 3.

Baca Juga: Pandemi corona, Krama Yudha Tiga Berlian revisi target di semester II

Pada masa pandemi, MMKSI juga menawarkan layanan home service dan vehice pick up untuk mengakomodasi customer yang enggan ataupun berhalangan keluar rumah. Pada layanan home service, teknisi akan mendatangi rumah customer yang telah membuat janji. 

Layanan ini mengakomodasi permintaan perawatan berkala atau servis ringan. Adapun perawatan dilakukan di rumah pelanggan. Sementara itu, pada layanan vehice pick up, pemeliharaan tetap dilakukan di bengkel diler resmi terdekat, namun pelanggan tidak perlu mengantarkan mobil ke diler sebab akan ada teknisi yang akan mendatangi menjemput dan mengembalikan mobil pelanggan setelah layanan diberikan.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×