Reporter: Francisca Bertha Vistika | Editor: Asnil Amri
JAKARTA. Tiga bulan menjelang Lebaran adalah momen yang sangat dinantikan produsen kendaraan niaga. Maklum, menjelang Lebaran kebutuhan kendaraan niaga untuk membawa barang-barang konsumsi mengalami kenaikan.
Agen Pemegang Merek (APM) Mitsubishi, yakni PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) adalah salah satu APM yang mendapat berkah dari kenaikan permintaan kendaraan niaga menjelang Lebaran tersebut.
Rijwan Alamsjah, Direktur Marketing KTB menyebutkan, biasanya menjelang Lebaran dan pemilu, kebutuhan barang konsumsi naik dan hal itu mempengaruhi penjualan kendaraan niaga jenis truk.
"Biasanya dari 3 bulan sebelum Lebaran ada kenaikan," kata Rijwan pada KONTAN, akhir pekan lalu.
Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (GAIKINDO), semenjak Februari 2014 penjualan kendaraan niaga merek Mitsubishi dari segmen light truck maupun truck lainnya adanya kenaikan.
Namun, di April agak turun karena memang truk sudah harus masuk ke karoseri. "Mei diperkirakan juga akan tinggi. Namun, akan terganjal dengan pengaruh suku bunga yang masih cukup tinggi yang pelan-pelan dampaknya mulai terasa," kata Rijwan.
Selain pengaruh suku bunga, pertumbuhan penjualan kendaraan niaga juga terhalang harga komoditas yang belum pulih
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News