CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,33   10,53   1.04%
  • EMAS995.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.30%
  • RD.CAMPURAN -0.02%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Permintaan Mobil SUV Mewah Meningkat


Rabu, 18 Mei 2022 / 18:38 WIB
Permintaan Mobil SUV Mewah Meningkat
ILUSTRASI. Bisnis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) mewah atau kelas premium tampak menggiurkan di tahun 2022.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis mobil Sport Utility Vehicle (SUV) mewah atau kelas premium tampak menggiurkan di tahun 2022. Para agen pemegang merek (APM) dan distributor otomotif mengaku permintaan produk mobil di segmen tersebut cukup solid.

PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) misalnya mengusung model Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line sebagai SUV mewah. Dalam situs resmi Mercedes-Benz Indonesia, mobil ini dibanderol dengan harga Rp 2,35 miliar (Off the road).

Head of Sales Operations and Product Management Mercedes-Benz Distribution Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan, tren penjualan SUV mewah sangat baik. Dalam hal ini, penjualan Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line mampu menyumbang kurang lebih 10% dari total penjualan Mercedes-Benz di Indonesia.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line terjual sebanyak 106 unit di tahun 2021 untuk kategori wholesales. Sementara di periode Januari-Maret 2022, model ini terjual sebanyak 34 unit di kategori yang sama.

“Target tahun ini kami berharap model tersebut dapat mencatatkan pertumbuhan positif dibandingkan tahun lalu,” ujar Kariyanto, Rabu (18/5).

Baca Juga: Grup Hyundai Siapkan Investasi Rp 243,6 Triliun untuk Perluas Bisnis Mobil Listrik

Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line menyasar konsumen yang ingin mendapatkan kendaraan yang bisa dipakai di berbagai medan, memiliki ruang yang luas, serta memiliki fitur keamanan dan kenyamanan yang mumpuni.

Memang, harus diakui bahwa di tengah tingginya permintaan terhadap Mercedes-Benz GLS 450 AMG Line, terdapat masalah dalam ketersediaan pasokan semi konduktor yang tentu berimbas pada produksi mobil tersebut. Alhasil, pemenuhan pemesanan dari para konsumen MBDI belum berjalan sesuai harapan karena harus mengalami inden.

“Saat ini, konsumen perlu bersabar sedikit sekitar 2-3 bulan untuk mendapatkan kendaraan pesanannya,” kata Kariyanto.

Pihak MBDI tetap bertumpu pada strategi yang berbasis “Best Customer Experience”. Produsen mobil asal Jerman ini pun telah memiliki line up SUV yang lengkap di pasar Indonesia, mulai dari GLA, GLB, GLC, GLE, dan GLS.

Dengan line up tersebut, Mercedes-Benz dapat menjangkau semua segmen sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan produk tersebut di Indonesia.

Sementara itu, Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid Ariani Wijana menyebut, Hyundai Palisade sebagai model SUV Hyundai di kelas premium hingga saat ini mampu mencetak peningkatan volume penjualan 3 kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya.

Data Gaikindo menunjukkan, penjualan wholesales Hyundai Palisade tercatat sebesar 1.442 unit di tahun 2021. Sementara di periode Januari-Maret 2022, penjualan wholesales Hyundai Palisade mencapai 536 unit.

Astrid mengaku, tingginya permintaan terhadap Hyundai Palisade membuat para konsumen mesti menunggu terlebih dahulu atau dengan kata lain turut mengalami inden. “Waktu inden tergantung dari tipe atau warna yang dipilih konsumen,” kata Astrid, Rabu (18/5).

Mengutip situs resmi Hyundai Motors Indonesia, harga Hyundai Palisade dipatok mulai dari Rp 795 juta sampai Rp 1,04 miliar.

Melihat fenomena demikian, Ketua I Gaikindo Jongkie Sugiarto menambahkan, mobil jenis SUV diakui telah menjadi trendsetter tak hanya di Indonesia, melainkan juga di seluruh dunia. Ini membuat permintaan terhadap mobil tersebut tergolong tinggi, tanpa memandang kelas SUV yang bersangkutan.

“Banyak pembeli memilih SUV, termasuk yang kelas premium atau mewah,” ujar Jongkie, Rabu (18/5).

Baca Juga: Hingga April 2022, Astra International (ASII) Bukukan Penjualan Mobil 188.536 Unit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×