kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persaingan mobil konsep di Tokyo Motor Show 2013


Rabu, 20 November 2013 / 14:37 WIB
Persaingan mobil konsep di Tokyo Motor Show 2013
ILUSTRASI. HIMKI optimistis ekspor mebel & kerajinan US$ 5 miliar di 2024 dapat tercapai. ANTARA FOTO/Makna Zaezar/hp.


Reporter: Yuwono Triatmodjo | Editor: Hendra Gunawan

TOKYO. Tema kepedulian terhadap lingkungan dan bahan bakar tampaknya tetap menjadi fokus perhatian beberapa produsen mobil dunia di ajang Tokyo Motor Show 2013 yang diselenggarakan di Tokyo Big Sight, Jepang. Hal tersebut terlihat dari sejumlah mobil konsep yang coba dikembangkan para  produsen ternama dunia.

Tengok saja misalnya langkah yang ditempuh Hino Motors Co. Ltd. yang pada kesempatan kali ini yang mengangkat tema 'Transporting Your Tomorrow Worldwide'. Hino menghadirkan small sized electronic vehicle (EV) community bus, bertajuk Hino Poncho Mini. Bus penumpang ini diklaim memiliki tingkat gas buang berbahaya yang rendah atau bahkan tidak sama sekali (zero emissions). Bus berkapasitas 11 penumpang ini juga disebut-sebut memiliki tingkat kebisingan yang rendah.

Selanjutnya Hino Melpha Plug-In Hybrid. Produk ini menggabungkan akselerasi high capacity lithium-ion battery dengan hybrid systems. Kendaraan ini bisa berjalan dengan menggunakan sistem EV drive pada area kondisi jalan yang landau until jangka pendek. Sekaligus  hybrid drive pada saat harus berkendaraan di areal yang mendaki dan memakan waktu perjalanan yang panjang.

Hino menyebut mobil ini sebagai 'mobile health clinic' atau Medical Bus. Bus ini bisa mengalirkan listrik untuk keperluan darurat. "Misalnya saja terjadi bencana alam, Mobil ini bisa menjadi menyalurkan listrik untuk keperluan penerangan dan berbagai macam kebutuhan kelistrikan di area evakuasi (pengungsian)," terang Tomonori Kosaka, Chief Engineer Advanced Bus Vehicle & Module Planning  Hino Motor Ltd., Rabu (20/11).

Kosaka mengatakan, belum akan memproduksi mobil ini secara massal dalam waktu dekat. "Mungkin baru sekitar tahun 1015-2016," ujarnya. Asal tahu saja, kedua mobil tersebut baru Kali pertama dipamerkan kepada dunia.

Tidak hanya Hino, produsen lainnya pun memunculkan produk-produk masa depan lainnya. Misalkan saja Toyota Motor Corporation dengan mengusung tema 'Fun to Drive Again'. Toyota menampilkan 4 varian mobil konsep. Mereka adalah Toyota FCV (fuel cell vehicle) Concept, Toyota FV1 (Fun Vehicle 2), JPN Taxi Concept, dan Voxy Concept serta Noah Concept.

Salah satu mobil konsep Toyota yang bernama Toyota FCV Concept. Mobil ini menggunakan bahan bakar hidrogen, yang rencananya akan mulai dirilis pada tahun 2015 mendatang. Mobil ini diklaim hanya membutuhkan waktu pengisian baterai selama 3 menit, tidak jauh berbeda dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengisi bahan bakar minyak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×