kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Persiapan Masinis Kereta Cepat, KCIC Hadirkan Simulator Teknologi Canggih


Jumat, 24 Maret 2023 / 10:35 WIB
Persiapan Masinis Kereta Cepat, KCIC Hadirkan Simulator Teknologi Canggih
Simulator Masinis Kereta Cepat Jakarta Bandung.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyediakan simulator teknologi terbaru untuk mendukung pelatihan masinis Kereta Api Cepat Jakarta Bandung. Saat ini teknologi tersebut telah tersedia di Depo Tegalluar.

Simulator ini memiliki interior, fitur, dan fungsi yang sama dengan sarana yang nantinya akan digunakan yaitu Electric Multiple Unit tipe KCIC400AF.

General Manager Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry mengatakan, fungsi simulator ini adalah sebagai sarana pelatihan para calon masinis KCJB sebelum nantinya dapat mengoperasikan EMU secara langsung.

"Para calon masinis KCJB akan mendapatkan pelatihan dengan simulator ini secara berkala. Tujuannya agar para calon masinis terbiasa mengoperasikan Kereta Api Cepat yang merupakan teknologi baru di Indonesia,” ujar dia dalam keterangan resmi, Jumat (24/3).

Baca Juga: KCIC Akan Bangun Jalur Kereta Cepat Jakarta Bandung Hingga ke Wilayah Purwakarta

Simulator EMU KCICAF400 akan sepenuhnya mensimulasikan kondisi operasi, kinerja dinamis, karakteristik penanganan, karakteristik trasi/pengereman, dan karakteristik EMU lainnya dalam berbagai lingkungan serta kondisi pengoperasian.

Dia bilang, keunggulan simulator ini dibandingkan simulator lainnya yakni jumlah skenario simulasi pelatihan yang mencapai 222 skenario simulasi pelatihan.

Simulator ini juga memiliki hidrolik pada bagian bawahnya untuk mensimulasikan gerakan dan getaran yang akan dirasakan oleh para masinis KCJB nantinya.

“Tidak hanya itu, simulator ini dapat dengan jelas mereproduksi kondisi EMU yang berjalan dalam situasi yang berbeda dari aspek penglihatan, pendengaran, gerak, dan penanganan realitas,” jelasnya.

Setelah mendapatkan pelatihan di ruang kelas, para calon masinis KCJB akan melakukan pelatihan pada Simulator KCIC400AF ini. Durasi setiap kali latihan adalah sekitar 30 menit sesuai dengan waktu tempuh KCJB dari Halim ke Tegalluar. Para calon masinis akan dilatih bagaimana mengoperasikan Kereta Api Cepat paling canggih tersebut dan SOP yang dilakukan pada saat terjadi keadaan darurat.

Simulator ini juga akan mensimulasikan fenomena kesalahan kereta umum, keterampilan pengemudi kereta dalam menilai dan menghilangkan kesalahan peralatan kereta, serta kemampuan beradaptasi masinis dalam berbagai keadaan darurat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×