kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertagas operasikan terminal regasifikasi Arun


Kamis, 19 Februari 2015 / 19:29 WIB
Pertagas operasikan terminal regasifikasi Arun
ILUSTRASI. Pegawai beraktivitas di dekat layar yang menampilkan data saham Bursa Efek Indonesia di Jakarta, Rabu (2/8/2023). Saham yang Diakuisisi Perusahaan Asia Kebanyakan Berkinerja Buruk, Ini Penyebabnya


Reporter: Pratama Guitarra | Editor: Uji Agung Santosa

JAKARTA. PT Pertamina Gas (Pertagas) telah merampungkan konstruksi Terminal Regasifikasi Arun dan siap beroperasi (on stream) dengan penerimaan kargo perdana LNG (Liquified Natural Gas) dari fasilitas Tangguh yang dioperasikan BP Indonesia.
 
Direktur Keuangan Pertagas, Roehjadi mengatakan, proses rekayasa, pengadaan dan konstruksi (EPC) Cargo perdana LNG dikirim dari fasilitas Tangguh dengan volume 119.000 m3  sejak 13 Feb 2015, dan telah tiba di Terminal Arun. “Konstruksi tuntas 100%, plant telah siap untuk memasuki proses commissioning,” katanya saat menyaksikan penerimaan pertama LNG di Lhokseumawe, Aceh Utara. Kamis (19/2).
 
Terminal Penerimaan dan Regasifikasi Arun merupakan memodifikasi asset eksisting ex. PT Arun NGL yang berlokasi di Lhokseumawe, Aceh Utara ini akan dikelola anak perusahaan Pertagas yakni PT Perta Arun Gas.
 
Direktur Utama Perta Arun Gas, Teuku Khaidir mengatakan, sesuai rencana awal, suplai LNG akan diperuntukkan bagi PLN dan Industri di sekitarnya, yang penyalurannya akan melewati ruas Pipa Arun-Belawan milik Pertagas. “Pengangkutan selama tujuh hari, LNG kami terima pukul 10 pagi ini dan segera dilakukan unloading LNG untuk diregasifikasi dan disalurkan kepada PLN,” tuturnya.
 
Sebagai operator, lanjut Teuku, Perta Arun akan menjalankan tugas sebaik-baiknya dari perusaan induk dengan mengelola terminal penerimaan dan regasifikasi berkapasitas produksi  400 MMSCFD, agar LNG dapat tersalurkan dan memenuhi kebutuhan listrik yang besar di wilayah ini. 

Sebagaimana diketahui, gas yang diregasifikasi di terminal ini sangat dibutuhkan  untuk mengatasi memenuhi kebutuhan energi yang semakin tinggi di Aceh dan di Sumut.
 
Sebelumnya Pertagas juga telah berhasil melaksanakan uji coba operasi pipa Arun Belawan pada 11 Des 2014 lalu di kawasan PLN Pembangkitan Listrik Sumatera Utara, sektor Pembangkitan Belawan. Dengan beroperasinya Terminal Penerimaan dan Regasifikasi Arun, proses komersialisasi pipa Arun Belawan tidak akan mengalami hambatan.

Selanjutnya, Pertagas akan mempercepat pembangun pipa gas sepanjang 120 km untuk memasok gas bagi industri nasional yang berada di Kawasan Industri Medan (KIM) hingga ke Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mengkei. Proyek pipa yang pencanangannya dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo Januari lalu ini, rencana akan beroperasi Juni 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×