kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Angkat Bicara Soal Kabar Pemerintah Hapus Pertalite Mulai Mei 2024


Kamis, 09 Mei 2024 / 03:18 WIB
Pertamina Angkat Bicara Soal Kabar Pemerintah Hapus Pertalite Mulai Mei 2024
ILUSTRASI. Pertamina masih terus menyalurkan BBM jenis Pertalite (RON 90) kepada masyarakat di tahun 2024 sesuai penugasan pemerintah. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam beberapa hari terakhir, beredar kabar di jagat maya bahwa pemerintah bakal menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Pertalite terhitung sejak Mei 2024. 

Benarkah Pertamina akan menghapus Pertalite?

Melansir siaran pers, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting mengimbau masyarakat untuk tidak khawatir mengenai penyaluran Pertalite di tahun 2024.

Pasalnya, lanjut Irto, Pertamina masih terus menyalurkan BBM jenis Pertalite (RON 90) kepada masyarakat di tahun 2024 sesuai penugasan pemerintah.

Hal tersebut sesuai dengan Kepmen ESDM No 37.K/HK.02/MEM.M/2022, di mana dijelaskan bahwa Pertalite merupakan Jenis Bahan Bakar Khusus Penugasan (JBKP).

Oleh karenanya, perubahan dalam penyaluran Pertalite juga harus melalui kebijakan Pemerintah.

"Hingga saat ini kami masih menyalurkan Pertalite di semua wilayah sesuai dengan penugasan yang diberikan Pemerintah. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir," tegas Irto.

Baca Juga: DPR Desak Pemerintah Tindak Tegas SPBU yang Tidak Distribusikan Pertalite

Lebih lanjut Irto menambahkan, bahwa Pertamina Patra Niaga selaku pihak yang menjalankan penugasan penyaluran BBM subsidi, berkomitmen untuk tetap mengikuti dan menjalankan semua kebijakan yang ditetapkan Pemerintah.

Tercatat hingga April 2024, realisasi penyaluran Pertalite secara nasional adalah sebanyak 9,9 juta Kiloliter (KL), dari total Kuota Pertalite tahun 2024 yang telah ditetapkan oleh Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebesar 31,7 juta KL.

Irto mengungkapkan, Pertamina Patra Niaga juga telah mendorong digitalisasi untuk penyaluran BBM Subsidi melalui program Subsidi Tepat.

“Program Subsidi Tepat menjadi upaya kami untuk memastikan transparansi penyaluran BBM bersubsidi. Melalui digitalisasi, penyaluran BBM bersubsidi dapat dipantau secara real time, dan mencegah potensi penyelewengan di lapangan,” tutupnya.

Baca Juga: Cek Harga BBM Termurah setelah Kenaikan BP, Vivo, dan Shell per Mei 2024

VP Corporate Communication Pertamina, Fadjar Djoko Santoso menyampaikan bahwa komitmen Pertamina dalam menyalurkan BBM jenis Pertalite sejalan dengan upaya Pertamina menjaga ketahanan energi nasional.

"Dengan menyediakan BBM subsidi Pertamina berharap dapat menjaga pemenuhan energi untuk masyarakat dan di saat yang sama menjaga perekonomian nasional" ungkap Fadjar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×