kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45909,31   7,91   0.88%
  • EMAS1.354.000 1,65%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Beri Layanan Serambi MyPertamina di Enam Rest Area


Senin, 08 April 2024 / 23:47 WIB
Pertamina Beri Layanan Serambi MyPertamina di Enam Rest Area
ILUSTRASI. Antrian pengendara mengisi bahan bakar minyak non subsisdi di spbu Pertamina Senayan, Jakarta, Selasa (2/4/2024). PT Pertamina Patra Niaga menetapkan pada bulan April ini tidak ada perubahan harga jual pada BBM non subsidi atau disebut juga jenis bahan bakar umum (JBU). Penyesuaian harga BBM non subsidi merupakan hasil evaluasi oleh seluruh badan usaha sesuai regulasi formula harga yang berlaku, berdasarkan perhitungan evaluasi harga serta dengan mempertimbangkan kebutuhan masyarakat pada Ramadhan dan Idul Fitri./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/04/2024.


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pertamina ikut memberikan pelayanan bagi para pemudik. Pertamina melalui anak usahanya Patra Niaga membentuk Tim Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) 1445 H. Pelayanan ini telah dimulai pada 25 Maret 2024 hingga 21 April 2024. 

Satgas yang dibentuk Pertamina Patra Niaga ini juga menggandeng berbagai stakeholder seperti Kementerian ESDM, Kementerian Perhubungan, BPH Migas, Kepolisian, TNI, Jasa Marga, dan Telkom Indonesia. Satgas ini untuk memastikan kebutuhan energi baik BBM, LPG, hingga Avtur terpenuhi dengan baik.
 
Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra, beserta tim Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) dan Jawa BagianTengah (JBT) mengaku telah mengecek layanan Pertamina Patra Niaga di sepanjang arus mudik dari Jakarta-CIkampek (Japek), Semarang, hingga Jogja. "Kami kesiapan pendistribusian BBM dan LPG terutama di wilayah arus mudik," terang dia dalam rilis.

Baca Juga: Jelang Hari Raya, Pelita Air Bereskan Program Energi Kebersamaan

Untuk tahun ini, Pertamina menyiapkan Serambi MyPertamina di 6 Rest Area sepanjang Tol Trans Jawa. "Letaknya ada di Rest Area KM 43 A, Rest Area KM 57 A, Rest Area KM 260 B, Rest Area KM 379 A, Rest Area Tol Mojokerto – Surabaya 725 A, serta Rest Area Tol Pandaan Malang 66 A, " kata Ega dalam rilis.

Ega menyebut, tim Pertamina Patra Niaga juga melakukan pengecekan yang dilakukan di sepanjang tol Trans Jawa, Rest Area KM 207 A, Rest Area KM 379 A, serta Rest Area KM 429 A. Termasuk terintegrasi dengan Terminal Semarang, Pangkalan LPG Podomoro di Semarang, SPBU 44.555.14 Jogja, Pangkalan LPG Supriyono Jogja, serta Fuel Terminal Rewulu.  

Ahmad Rifki, Sales Area Manager Pertamina Patra Niaga untuk wilayah Karawang, Kota Bekasi, Kabupaten Purwakarta, dan Subang, menjelaskan kehadiran Serambi My Pertamina di rest area tol untuk melayani konsumen atau pemudik yang hendak istirahat. "Serambi My Pertamina menyediakan WIFI, food and beverage, layanan kesehatan uji tensi dan uji darah. Juga ada tempat bermain anak. Disediakan juga kursi pijat bagi pemudik yang lelah bisa relaksasi. Fasilitas ini gratis dan bisa diakses masyarakat," kata Rifki.

Pertamina juga menyediakan toilet dan mushola. "Bisa dilihat bagaimana toilet di SPBU Pertamina itu sangat nyaman sekali," terang Rifki.

Dalam upaya memastikan kebutuhan masyarakat akan BBM terpenuhi, Pertamina menyediakan layanan tambahan bila terjadi kemacetan di luar maupun di dalam Rest Area KM57. "Kami menyediakan 54 motoris yang siaga melayani saat kemacetan di jalan tol. Jika terjadi penumpukan di dalam rest area, kami menyediakan layanan modular. Tersedia dua modular pertamax yang bisa digunakan sebagai pemecah antrean jika terjadi penumpukan," ucap Rifki.

Baca Juga: Pertamina NRE Siap Pasok Energi bersih Selama Lebaran 2024

Di KM57, Pertamina memastikan ketersediaan bahan bakar tersedia SPBU kantong. "Jadi di regional Jawa bagian barat kami menyediakan 63 SPBU kantong, ini adalah mobil tangki yang akan stand by di SPBU strategis untuk melakukan suplai yang sifatnya urgent," kata Rifki.

Pertamina pun melakukan sejumlah persiapan untuk mengakomodir kebutuhan masyarakat di Hari Raya, yaitu Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Barat sudah membentuk tim satgas yang bertugas memantau pemudik yang menempuh jalur udara, laut, darat. "Kami juga memastikan teman-teman yang mudik terjamin pasokan elpiji untuk memasak di rumah," jelas Rifki. 

Rifki mengimbau masyarakat mengunduh aplikasi My Pertamina melalui smartphone. Sebab, banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengunduh aplikasi My Pertamina. "My Pertamina memudahkan pemudik melakukan pembayaran saat di SPBU. Cashless, tidak menggunakan uang tunai lagi. Kemudian, pemudik bisa mengumpulkan poin untuk ditukarkan dengan hadiah menarik. Salah satunya di Serambi Pertamina KM 57 bisa menukarkan poin dengan Buttonscarf," papar dia.

Pertamina juga mengimbau agar mengutamakan keselamatan dan kesehatan selama dalam perjalanan. "Jadi apabila pemudik merasa lelah, tidak fit, silakan mampir ke tempat kami untuk melakukan pemeriksaan kesehatan. Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar terbaik di SPBU Pertamina," ujar Rifki. 

Saat ini Pertamina memiliki layanan 1.792 SPBU Siaga, 5.027 Agen LPG Siaga, 70 Kiosk Pertamina Siaga, 54 Motoris Pertamina Delivery Service (PDS), 200 Mobil Tanki Standby, penambahan tanki di SPBU khususnya di kepulauan kecil, dan 6 Serambi MyPertamina. 

Tidak lupa, Pertamina Patra Niaga juga kembali menyediakan program loyalty bagi pengguna setia Pertamax Series, Dex Series, Bright Gas, Fastron, dan Enduro, serta program berbagi dengan masyarakat seperti MyPertamina berbagi takjil dan Beduk Bright Gas, yakni berbuka dengan usaha kecil dan komunitas.

Baca Juga: Konsumsi BBM Pertamina di H-3 Lebaran Naik, Pertamax Melesat Paling Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×