kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina EP Cepu raih 1,5 juta jam kerja selamat untuk pengeboran gas proyek JTB


Selasa, 10 November 2020 / 18:51 WIB
Pertamina EP Cepu raih 1,5 juta jam kerja selamat untuk pengeboran gas proyek JTB
ILUSTRASI. Pengeboran sumur migas?Pertamina EP Cepu.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme PT Pertamina EP Cepu (PEPC) untuk on-stream pada 2021 semakin menggebu. Hal ini ditunjukkan dengan dirampungkannya seluruh operasi pengeboran sumur gas yang meliputi pekerjaan di dua tapak sumur atau well pad, yaitu Well Pad East dan Well Pad Central.

Operasi pengeboran tersebut bertujuan untuk menyiapkan enam sumur produksi bagi proyek pengembangan gas lapangan unitisasi Jambaran-Tiung Biru (JTB) agar berlangsung aman, lancar, dan lebih cepat dari target waktu yang telah ditetapkan.

Dari 6 sumur itu, sebanyak 4 sumur telah dilakukan uji produksi di Well Pad East dengan pekerjaan Rigless Operation yang menggunakan teknologi Long Interval Perforation dengan rata-rata per sumur menghasilkan raw gas sebesar 60 MMSCFD.

Baca Juga: Kejar target onstream di 2021, Pertamina EP Cepu selesaikan pengeboran sumur di JTB

Keberhasilan pekerjaan tidak lepas dari kerja keras seluruh perwira PEPC yang terlibat. Selain itu, dukungan dari SKK Migas, Pemerintah Daerah Kabupaten Bojonegoro, dan masyakat sekitar wilayah operasi yang bersinergi dalam mewujudkan proyek strategis nasional tersebut berjalan dengan baik.

Keberhasilan ini juga menunjukkan bahwa Pertamina melalui tangan dingin para karyawannya berhasil mengelola operasi pengeboran berisiko tinggi karena memiliki kandungan H2S dan Co2 tinggi secara aman dan lancar.

Hal ini terbukti juga dengan capaian 1,5 juta jam selamat selama operasi berlangsung. Jam kerja selamat ini berhasil dicapai per tanggal 31 Oktober 2020 lalu

Manager Drilling Operations Project Gas JTB Dhanar Eko Prasetyo mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungannya sehingga operasi pengeboran gas tersebut berjalan lancar dari awal hingga akhir.

“Saya mewakili manajemen PEPC mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya terhadap dukungan yang telah diberikan semua pihak sehingga operasi pengeboran gas ini dapat berjalan lancar dan aman,” ujarnya dalam siaran pers di situs Pertamina yang dikutip Kontan.co.id, Selasa (10/11).

Tak hanya itu, Dhanar menambahkan bahwa masih terdapat pekerjaan lanjutan yaitu melakukan uji produksi pada dua sumur yang berada di Well Pad Jambaran Central. Tepatnya sumur JAM 6ST dan JAM-7 yang diperkirakan akan dimulai pada Desember 2020.

Baca Juga: Pandemi belum selesai, Pertamina EP ajak warga tertib jalankan protokol 3M

“Dengan selesainya seluruh operasi pengeboran dan uji produksi nantinya enam sumur produksi yang telah selesai diharapkan mampu mensuplai raw gas sebesar 315 MMSCFD untuk Gas Processing Facilities yang akan memenuhi kebutuhan gas di Indonesia, khususnya Jawa Timur dan Jawa Tengah,” sambung Dhanar.

Dalam penyelesaian proyek JTB, PEPC berkomitmen untuk selalu mengutamakan aspek HSSE Excellence. Komitmen itu mendapatkan apresiasi dari Kementerian Tenaga Kerja pada 8 Oktober 2020. PEPC meraih Penghargaan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan pada kategori Zero Accident.

Adapun per tanggal 6 November 2020, operasi pengeboran gas proyek JTB telah mencapai 1.526.678 jam kerja selamat.

Selanjutnya: Menteri ESDM tantang dirjen migas baru implementasikan EOR

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×