kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina garap 6 tangki LPG dan BBM


Jumat, 04 Maret 2016 / 11:11 WIB
Pertamina garap 6 tangki LPG dan BBM


Reporter: Febrina Ratna Iskana | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. PT Pertamina terus menambah pembangunan tangki  liquefied petroleum gas (LPG) dan bahan bakar minyak (BBM). Apalagi, proyek ini bagian dari tugas pemerintah untuk membangun ketahanan energi.

Pertamina kini mengerjakan tiga proyek tangki LPG, yakni proyek revitalisasi tangki LPG di Arun; pembangunan tangki LPG di Tanjung Sekong, dan proyek pembangunan kilang LPG di Jawa Timur. 

Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bamban ke KONTAN Rabu (2/3) menjelaskan, saat ini proyek revitalisasi tangki LPG di Arun, telah memasuki tahap penambahan kapasitas tangki pressurized. Ia berharap proyek ini selesai akhir 2016.  

Jika proyek ini selesai, kapasitas tangki LPG Arun bisa mencapai 8.000 ton LPG. Untuk proyek ini, Pertamina hanya membutuhkan dana investasi sebesar US$ 10 juta. 

Sementara itu, untuk proyek tangki LPG Tanjung Sekong, Pertamina telah menyelesaikan reklamasi lahan. Selain itu, masih dalam tahap evaluasi lelang kontraktor.

Diharapkan pembangunan tangki LPG ini bisa dimulai tahun ini.  "Bulan depan kami harapkan sudah ada pemenang dan lanjut kontrak serta pelaksanaannya," katanya.

Tangki LPG Tanjung Sekong ini nantinya akan memiliki kapasitas mencapai 8.000 ton LPG dengan nilai investasi mencapai US$ 150 juta.

Sementara untuk proyek ketiga yang berlokasi di Jawa Timur, saat ini manajemen Pertamina masih menyusun term of reference (TOR), Nah TOR inilah yang akan menjadi dasar untuk menjaring investor kilang dengan cara menggelar beauty contest.

Rencananya Pertamina hanya akan memegang porsi saham sebesar 10%-20% saja di kilang LPG di Jawa Timur ini.  Untuk itu, Pertamina akan memberikan kesempatan dengan mengundang investor lokal maupun asing.

Sebagai gambaran, Tangki LPG yang akan dibangun di Jawa Timur ini kapasitasnya sebesar 8.000 ton. Jika jadwal beauty contest hingga penetapan mitra investor plus pengerjaan  proyek lancar, Pertamina berharap tangki baru tersebut bisa beroperasi pada 2019 mendatang. 

Selain fokus menyelesaikan proyek tangki LPG, Pertamina juga tengah menyelesaikan tiga proyek tangki BBM. Diantaranya: di Pulau Sambu berkapasitas 150.000 kiloliter (kl), proyek Tanjung Uban dengan kapasitas 200.000 kl, dan Tuban dengan kapasitas 50.000 kl.  

"Kami perkirakan ketiga proyek ini selesai pada pertengahan tahun 2016," terang Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×