kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina Patra Sebut 404 SPBUN Telah Beroperasi di Seluruh Indonesia


Rabu, 06 Desember 2023 / 15:33 WIB
Pertamina Patra Sebut 404 SPBUN Telah Beroperasi di Seluruh Indonesia
Pengisian BBM Biosolar di SPBU Nelayan (SPBUN), bagian dari program Solar untuk Koperasi (SOLUSI) Nelayan.


Reporter: Leni Wandira | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA - Manager Fuel Channel dan Partnership PT Pertamina Patra Niaga, Danuel Alhabsy mengatakan sebanyak 404 Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum untuk Nelayan (SPBUN) telah beroperasi di seluruh Indonesia.

Keberadaan SPBUN ini diharapkan bisa memangkas biaya melaut para nelayan yang biasa membeli BBM solar eceran.

"Tentu kita sangat mendukung program nelayan modern ini. Salah satu kebutuhan nelayan tentu adalah BBM dan kami dari Pertamina siap dimanapun nanti kampung nelayan modern didirikan," kata Daniel di acara Bincang Bahari KKP edisi 11 mengenai 'Kampung nelayan modern', Rabu (6/12).

Saat ini, total keseluruhan SPBUN di tanah air mencapai 404  SPBUN yang sudah beroperasi dari Sabang sampai Merauke. Di antaranya di luar 404 tersebut terdapat 64 lainnya yang saat ini masih dalam tahap pembangunan.

Baca Juga: KemenKopUKM Percepat Pembangunan SPBU Nelayan

"Mudah-mudahan nanti menuju ke lebih dari 468 total SPBUN dan jumlah ini terus bertambah kita sesuaikan dengan kebutuhan dimana di situ ada sentra-sentra nelayan, kita juga akan mendirikan SPBUN di situ," ungkapnya.

Ia pun menjelaskan bahwa pihaknya bekerja sama dengan beberapa Kementerian dan lembaga. Salah satunya adalah Kementerian Koperasi dan UKM. 

"Selain dengan KKP, saat ini kerja sama juga dengan Kemenkopukm untuk identifikasi koperasi-koperasi nelayan seluruh Indonesia untuk mendirikan SPBUN," lanjutnya.

Baca Juga: Pertamina resmikan SPBU di kabupaten Kepulauan Aru untuk dukung BBM satu harga

Selain dengan koperasi, tidak menutup kemungkinan dengan calon mitra badan usaha lainnya baik badan usaha berbentuk hukum, dalam hal ini PT atau koperasi.

"Sebenarnya untuk mendirikan SPBUN itu flownya tidak sulit. Kami terbuka saja kepada calon-calon mitra yang ingin berkerja sama," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×