kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45961,84   -17,31   -1.77%
  • EMAS984.000 -1,50%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Pertamina targetkan 20 pengeboran di Blok Rokan pada 2020


Minggu, 12 Januari 2020 / 14:38 WIB
Pertamina targetkan 20 pengeboran di Blok Rokan pada 2020
ILUSTRASI. Blok Rokan


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Pertamina berencana melakukan pengeboran 20 sumur di Blok Rokan pada tahun ini. Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman bilang, angka tersebut merupakan asumsi awal dari Pertamina.

"Sebagai asumsi awal untuk menahan deras laju penurunan alamiah (natural decline)," kata dia kepada Kontan.co.id, Minggu (12/1).

Fajriyah menjelaskan, kendati telah memiliki asumsi awal, sejatinya jumlah sumur pengembangan masih dalam kajian teknis oleh Pertamina. Asal tahu saja, Pertamina menargetkan pengeboran sumur pengembangan di akhir tahun 2020.

Baca Juga: Realisasi Lifting Migas 90,5% dari Target APBN 2019

Dia melanjutkan, hingga saat ini baik Pertamina dan Chevron masih terus melakukan diskusi finalisasi transisi Blok Rokan. Ia menambahkan, masih ada sejumlah poin penting yang harus diselesaikan sesegera mungkin oleh kedua pihak. Sayangnya, Fajriyah masih belum bisa merinci seputar poin-poin tersebut.

"(Selain itu) investasi juga telah kami siapkan," terang Fajriyah tanpa mau membeberkan nilai yang disiapkan.

Baca Juga: Konflik AS-Iran belum usik rencana Pertamina akuisisi blok migas di Timur Tengah

Mengutip catatan Kontan.co.id, guna menjaga laju produksi, proses transisi alih kelola Blok Rokan menjadi salah satu fokus pemerintah di tahun 2020. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif menekankan,  proses transisi dari Chevron Pasific Indonesia ke Pertamina bisa segera diselesaikan di tahun ini juga.

Arifin mengatakan, pihaknya mendorong percepatan pelaksanaan proses pengeboran minyak dan gas bumi (migas) di blok yang terletak di Provinsi Riau tersebut. Saat ini, progres alih kelola antara kedua belah pihak terus berjalan.

Baca Juga: Pertamina cermati kenaikan harga minyak dunia naik

"Kami sudah minta Pertamina proaktif kemudian Chevron bisa membuka pintu, sudah. Tiap minggu Chevron sudah lapor. kemudian kami pertemukan dengan Pertamina," kata Arifin 

Lebih lanjut, dari target pengeboran 72 sumur di Blok Rokan pada tahun depan, paling tidak Pertamina sudah bisa melakukan 20 pengeboran. "Pertamina sudah menyiapkan, karena ini Pertamina harus segera melaksanakan 20 poin pengeboran untuk bisa mempertahankan (tingkat produksi), dari 72 target. Ya paling tidak 20 itu bisa dilakukan," pungkas Arifin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×