kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pertamina targetkan komitmen TKDN 50% hingga 2025


Kamis, 19 Agustus 2021 / 20:22 WIB
Pertamina targetkan komitmen TKDN 50% hingga 2025
ILUSTRASI. Proyek pembangunan fasilitas migas Pertamina.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina menargetkan pemenuhan komitmen Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) mencapai 50% untuk lima tahun ke depan sejak 2020 lalu.

Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina Mulyono mengungkapkan, melalui rencana investasi senilai US$ 92 miliar yang tersebar di seluruh lini bisnis diproyeksikan menyerap TKDN mencapai 50% pada tahun 2024 nanti.

Optimisme proyeksi TKDN tersebut mengacu pada realisasi yang telah dicapai pada 2020 yaitu lebih dari 55% dan semester I-2021 mencapai lebih dari 57%.

"Proyeksi dan realisasi yang tinggi ini berkat implementasi TKDN yang diterapkan dalam seluruh proses pengadaan yang dimulai sejak tahap perencanaan, lalu dilakukan monitoring dan evaluasi," kata Mulyono dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (19/8). 

Baca Juga: PGN gandeng BUMD Maluku untuk penuhi kebutuhan listrik 30 MW

Atas capaian ini pun, Pertamina menerima penghargaan yang diberikan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) kepada Pertamina atas komitmennya dalam implementasi TKDN untuk kategori BUMN.

Penghargaan yang diumumkan secara virtual dalam acara Business Gathering Pusat Layanan Teknologi (Pusyantek) BPPT pada Rabu, 18 Agustus 2021 ini diterima oleh Direktur Logistik & Infrastruktur Pertamina, Mulyono.

Mulyono menyampaikan Pertamina menyambut baik penghargaan ini dan memaknai sebagai berkah, amanah sekaligus tanggung jawab.

“Ini amanah dan tanggung jawab. Mudah-mudahan dengan penghargaan ini akan memajukan, memotivasi, mendorong kami di Pertamina agar selalu bisa meningkatkan TKDN di seluruh proyek. Sebagai BUMN, Pertamina terus mengusahakan peningkatan penggunaan produk dalam negeri sesuai aturan yang berlaku, agar menjadi penggerak ekonomi nasional,” ujar Mulyono.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×