kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45992,69   1,09   0.11%
  • EMAS1.132.000 -0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Petani Minta China Beli Lebih Banyak Minyak Kelapa Sawit Indonesia


Minggu, 30 Juli 2023 / 20:53 WIB
Petani Minta China Beli Lebih Banyak Minyak Kelapa Sawit Indonesia
Perwakilan Apkasindo ke China melakukan negosiasi agar China membeli sawit lebih banyak lagi


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Petani sawit tidak tinggal diam dengan ragam aturan bermodus lingkungan seperti EUDR dan lainnya. Ibarat team, petani sawit mengambil peran diplomasi perdagangan internasional, seperti apa yang dilakukan petani sawit di China, setelah sebelumnya ke Itali, Swiss, Madrid, Belanda dan Pakistan. 

Kali ini di China, petani sawit langsung meminta kepada China untuk lebih mengutamakan minyak sawit dan membelinya lebih banyak lagi.

Hubungan Indonesia dan China selama 73 tahun bukanlah hubungan dagang biasa, melainkan hubungan sebagai sahabat dan keluarga. 

Baca Juga: Kinerja Emiten Konsumer Diprediksi Melambat, Simak Rekomendasi Analis

Oleh karena itu, petani sawit berterima kasih selama ini China menjadi pembeli terbesar minyak sawit Indonesia dan petani sawit sangat tertolong atas hubungan perdagangan ini, karena sektor hulu industri sawit 42% dikelola oleh petani sawit Indonesia.

Hal ini ditegaskan oleh Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) diwakilkan oleh Goldameir untuk melakukan paparan di depan ratusan peserta yang terdiri dari para perwakilan pemerintah, pengusaha, dan buyer dan trading dari China, US, Australia, Kanada, dan beberapa negara lainnya dalam acara The 14th China International Cereals and Oils Industry Summit, Kunming-China pada tanggal 26 – 28 Juli 2023.
 
Kali ini DPP Apkasindo kembali dipercaya oleh pemerintah melalui Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi (Kemenkomarves) yang mengirimkan delegasi duet petani sawit untuk hadir dan menjadi narasumber yang diwakili oleh Sekretaris Jenderal, Dr. Rino Afrino dan Divisi Komunikasi dan Sosial Media, Goldameir Mektania, B.Com, MIH. 

Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi melalui Plt Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim, Mochammad Firman Hidayat, mengatakan “Kunjungan delegasi Indonesia ini merupakan tindak lanjut kunjungan kerja Kemenkomarves sebelumnya ke Tiongkok, untuk memenuhi permintaan peningkatan ekspor CPO (crude palm oil) Indonesia ke Tiongkok”.

Baca Juga: Produksi TBS Sampoerna Agro (SGRO) Naik 17% pada Kuartal II

Selain Apkasindo, dari delegasi Indonesia turut hadir Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit (Gapki), Asosiasi Oleochemicals Indonesia (Apolin), dan Gabungan Industri Minyak Nabati Indonesia (GIMNI).

Goldameir, seorang petani sawit dari kalimantan tengah, dalam kesempatan ini menyampaikan fakta fakta bagaimana pentingnya kelapa sawit bagi Indonesia, khususnya bagi kehidupan petani kelapa sawit. 

"Ada 5 juta petani,10 juta keluarga petani dan 13 juta pekerja yang menggantungkan hidupnya di kelapa sawit, dengan luasan mencapai 7 juta ha dari total area 16.3 juta ha luas sawit di Indonesia tersebar di 22 provinsi dan 146 kabupaten. Kami telah mendapatkan kesejahteraan karena kelapa sawit, " urai Goldameir.

“Saat ini kami adalah petani generasi kedua dengan tingkat pendidikan yang lebih baik, sehingga telah naik kelas dengan mengadopsi prinsip prinsip kelapa sawit berkelanjutan, melakukan optimalisasi produksi dua kali lipat melalui replanting atau Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), Penguatan Kelembagaan serta Kemitraan, dan Peningkatan SDM petani dan anak petani sawit,” lanjutnya lagi dihadapan peserta.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×