kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.830
  • SUN92,51 0,63%
  • EMAS614.076 0,33%

PetroChina juga incar Blok Kasuri dan East Natuna

Rabu, 10 Januari 2018 / 22:15 WIB

PetroChina juga incar Blok Kasuri dan East Natuna



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PetroChina cukup agresif tahun ini di Indonesia. Perusahaan ini tidak hanya berencana berinvestasi untuk mengembangkan sembilan blok migas yang hak partisipasinya telah dimiliki, tetapi juga berencana untuk mengakuisisi blok-blok migas lain di Indonesia.

Salah satunya adalah Blok Kasuri yang dioperatori oleh Genting Oil. Blok Kasuri saat ini masih menunggu persetujuan Plan of Development (POD) oleh Menteri ESDM Ignasius Jonan.


Biarpun begitu, PetroChina tidak menyurutkan minat untuk farm in di blok tersebut. "Tahun ini sebenarnya kami lagi approach ke Kasuri. Mudah-mudahan kalau kami bisa dapatkan dari downstream company bisa jalan," ungkap VP SCM& Operations Supports PetroChina Indonesia, Gusmiran pada Rabu (10/1).

Gusmiran bahkan menyebut perusahaan asal China ini ingin memiliki hak partisipasi mayoritas di Blok Kasuri. Sebab PetroChina ingin menjadi operator di blok tersebut. "Kami chip in di sana, persentase saya kurang tahu tapi majority," katanya.

Namun Gusmiran membantah alasan farm in di Blok Kasuri karena ada rencana perusahaan China membeli gas dari Blok Kasuri. Menurutnya hingga saat ini, pembeli gas Kasuri belum ada. "Kami belum dapat pembeli sehingga dari tahap komersial belum bisa lanjutkan," imbuh Gusmiran.

Alasan PetroChina masuk ke Blok Kasuri karena pengembangan blok-blok migas Indonesia mulai mengarah ke Indonesia Timur. PetroChina tidak ingin ketinggalan untuk mengembangkan blok-blok migas di Indonesia Timur.

Makanya PetroChina juga mengincar hak partisipasi East Natuna. Blok migas yang belum juga dimulai pengembangannya karena tidak ekonomis akibat kandungan Co2 yang cukup tinggi.

Biarpun begitu, President PetroChina Indonesia, Gong Bencai justru menyebut East Natuna sangat menarik bagi PetroChina. Alasannya PetroChina sudah memiliki teknologi yang bisa memisahkan gas alam dengan Co2.

PetroChina bahkan sudah mencoba teknologi tersebut di salah satu blok migas di China yang dikembangkan oleh PetroChina. "Kami punya teknologi di pusat riset kami. Kami susah coba di blok dengan kandungan Co2 yang tinggi di China dan punya hasil yang bagus," ujar Gong.

Bahkan Gong bilang teknologi pemisah Co2 tersebut juga susah diuji coba di Blok Jabung. Namun hasilnya baru tampak dalam beberapa tahun ke depan.

PetroChina cukup optimistis dengan teknologi yang mereka miliki. Biarpun untuk mengaplikasikan teknologi tersebut di Blok Jabung membutuhkan dana US$ 40 juta.

Namun dengan dukungan dari Pemerintah China dan juga kantor pusat PetroChina, Gong berujar PetroChina Indonesia tidak ragu-ragu untuk menggelontorkan dana demi mengembangkan Blok East Natuna.

PetroChina menargetkan pada tahun ini bisa mulai melakukan joint study dengan Pertamina di East Natuna. Jika joint study sudah selesai dilakukan, PetroChina baru melakukan penawaran kepada Pertamin untuk membeli saham di blok tersebut.

PetroChina juga berencana mengakuisisi saham ConocoPhillips di South Jambi B. "South Jambi B yang dulu dioperasikan ConocoPhillips, rencananya (mereka) tidak tertarik kembangkan, sehingga PetroChina akan mengajukan sebagai operator ke pemerintah sehingga di blok itu kami bisa tingkatkan (hak partisipasi)," jelas Gusmiran.

Selain itu, PetroChina juga berencana mengakuisisi Blok Arguni yang dioperatori oleh Eni Indonesia. "Kami di eksplorasi coba diskusi dengan ENI, ada Blok Arguni. Saat ini masih diskusi teknikal, belum ke arah komersialnya," Gusmiran.

Eni memiliki 100% hak partisipasi di Blok Arguni. Blok tersebut berada di wilayah yang berdekatan dengan Blok Kasuri yaitu di kawasan Bintuni, Papua Barat.


Reporter: Febrina Ratna Iskana
Editor: Rizki Caturini

MINYAK DAN GAS

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
KONTAN TV
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0006 || diagnostic_api_kanan = 0.0612 || diagnostic_web = 0.4072

Close [X]
×