kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PGN konsisten salurkan gas Ke Plaza Festival


Senin, 21 Maret 2016 / 16:26 WIB
PGN konsisten salurkan gas Ke Plaza Festival


Reporter: Juwita Aldiani | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Sudah 22 tahun atau sejak 1994, PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGN) memasok gas bumi ke rumah makan dan restoran di Plaza Festival, Kuningan.

"Tenant- tenant baik itu rumah makan, restoran dan cafe di tempat ini menggunakan gas bumi untuk memasak," kata Manajer Operasional Plaza Festival, Khairul Usman, di Jakarta dalam keterangan tertulisnya pada Senin (21/03).

Khairul mengungkapkan, selama puluhan tahun penggunaan gas bumi, pihaknya tidak pernah mengalami masalah.

"PGN selalu memantau rutin setiap instalasi pipa gas di tempat kami. Sampai sekarang kami tidak pernah ada masalah dalam penggunaan gas bumi," ungkap Khairul.

Khairul menambahkan, alat yang digunakan PGN juga tersertifikasi, sehingga sangat aman dalam penggunaan gas bumi sehari-hari.

Shahid Pervez, salah satu pengusaha restoran di Plaza Festival mengungkapkan, penggunaan gas bumi sangat praktis. Dirinya tidak perlu memberikan tempat khusus untuk meletakkan tabung gas.

"Gas bumi ini lebih praktis. Gas masuk ke kompor melalui pipa, kami tak perlu siapkan ruangan khusus untuk letakkan tabung gas termasuk tabung cadangan. Gas mengalir terus kapanpun kita masak," kata Shahid.

Manajer Rumah Makan di Plaza Festival, Fensi Natalia menambahkan, penggunaan gas bumi selain praktis tentunya ekonomis.

"Selain praktis juga ekonomis, memakai gas bumi jauh lebih hemat dibandingkan pakai tabung gas," ucapnya.

Kepala Divisi Komunikasi Korporat PGN, Irwan Andri Atmanto mengungkapkan, PGN terus berkomitmen untuk menyebarluarkan pemanfaatan gas bumi nasional, dengan terus memperluas infrastruktur gas bumi.

Saat ini PGN memiliki dan mengoperasikan pipa gas bumi lebih dari 6.980 km atau 76% dari pipa gas bumi hilir nasional.

"PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 1.850 pelanggan komersil, baik itu mal, hotel, rumah makan, termasuk Plaza Festival. PGN juga menyalurkan gas ke lebih dari 1.529 industri besar dan pembangkit listrik," ungkap Irwan.

Adapun untuk pelanggan rumah tangga, sampai saat ini PGN menyalurkan gas bumi ke lebih dari 107.690 rumah tangga di berbagai daerah seperti di Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, hingga Sorong Papua.

Irwan menambahkan, PGN merupakan satu-satunya badan usaha yang memasok gas bumi ke berbagai segmen, mulai dari rumah tangga, UKM, komersial, industri, pembangkit listrik hingga transportasi.

Pada tahun 2015, PGN menyalurkan gas bumi sebanyak 1.586 juta kaki kubik per hari (MMSCFD). Hal ini memberikan penghematan kepada pelanggan PGN sebesar Rp 88,03 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×