kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PGN Targetkan Peningkatan Pengguna Jargas di Jambi


Minggu, 15 Januari 2023 / 18:57 WIB
PGN Targetkan Peningkatan Pengguna Jargas di Jambi
ILUSTRASI. PGN mencatat, potensi jargas di Kota Jambi kurang lebih sebanyak 15.000 Sambungan Rumah (SR).


Reporter: Filemon Agung | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menargetkan peningkatan pengguna jaringan gas rumah tangga di Kota Jambi pada tahun ini. PGN mencatat, potensi jargas di Kota Jambi kurang lebih sebanyak 15.000 Sambungan Rumah (SR). 

Wakil Wali Kota Jambi H. Maulana mengungkapkan, pihaknya melakukan audiensi dengan PGN untuk menindaklanjuti rencana program pembangunan jargas untuk tahun ini.

"Harapan masyarakat Jambi dapat sambungan gas. Kami siap mendukung program ini dan tahun 2023 ini mulai dilaksanakan. Semoga masyarakat mendapatkan manfaat yang besar dari pelaksanaan ini," kata H. Maulana dalam siaran pers, Minggu (15/1).

Terdapat 11 kecamatan dan sudah dialiri jargas di Kota Jambi, diantaranya Kecamatan Jelutung, Kota Baru, Alam Barajo, Telanipura, dan Danau Sipin. Pemerintah Kota Jambi mendukung penuh untuk pembangunan jargas dan berkomitmen untuk penyediaan lahan infrastruktur, MRS, dan lain-lain. Program jargas dengan dana internal PGN akan melengkapi program City Gas dari pemerintah pusat.

Baca Juga: BPH Migas & PGN Pastikan Distribusi Gas Nataru ke 31.121 Rumah Tangga di Kota Tarakan

Direktur Infrastruktur dan Teknologi PGN Achmad Mushtasyar menjelaskan, untuk tahun ini PGN akan memprioritaskan pembangunan jargas di Kota Jambi dengan mengandalkan investasi internal. Meski demikian, pembangunan jargas dengan APBN juga akan tetap dilakukan.

"Pada kesempatan awal di Januari 2023 kami tindak lanjuti dengan bagaimana rencana kami ke depan untuk mengelola ataupun pengembangan jargas. Tentunya, saat ini kami sedang menyusun timeline pelaksanaan pembangunan jargas di Kota Jambi. Kita akan laksanakan segera tahun 2023 ini," kata Achmad.

Baca Juga: Tingkatkan Inovasi Infrastruktur Jargas, PGN Klaim Efisiensi Capex Hingga 50%

Pembangunan dan pengelolaan jargas di Kota Jambi nantinya akan dilaksanakan oleh PGN Area Palembang. Saat ini ada 10.506 SR pelanggan yang aktif, dengan sumber pasokan dari JOB Pertamina – Talisman Jambi. Untuk realisasi perluasan pembangunan ke depan, PGN Area Palembang terus melaksanakan survei kepada calon pelanggan.

PGN berharap, pertumbuhan penggunaan jargas di Kota Jambi juga dapat berimbas pada perluasan penggunaan gas bumi di sektor UMKM, komersial, hingga industri. Dengan demikian, dapat membantu perekonomian masyarakat setempat. Kelebihan gas bumi yang lebih efisien dari bahan bakar lainnya, sehingga bisa menghemat biaya produksi dan mendorong daya saing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×