kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLN: 100% token listrik gratis dan diskon 50% pelanggan 900 VA sudah terupload


Kamis, 09 April 2020 / 21:41 WIB
PLN: 100% token listrik gratis dan diskon 50% pelanggan 900 VA sudah terupload
ILUSTRASI. PLN menyebut 100% token listrik gratis untuk pelnaggan 450 VA dan diskon 50% pelanggan 900 VA sudah terupload.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) memastikan token listrik untuk stimulus Covid-19 sudah tersedia. Stimulus itu diberikan untuk 11,3 juta pelanggan prabayar rumah tangga daya 450 Volt Ampere (VA) dan 900 VA bersubsidi.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka menyampaikan, token gratis tersebut dapat diakses melalui website PLN dan WhatsApp. “Sejak jam 11 siang tadi, seluruh pelanggan pra bayar sudah dapat menikmati token gratis yang diberikan pemerintah,” kata Made melalui keterangan tertulisnya, Kamis (9/4).

Made menjelaskan, token listrik gratis akan diberikan setiap bulan selama bulan April, Mei, dan Juni. Besaran token yang didapat didasarkan pada penggunaan terbesar selama tiga bulan terakhir.

Baca Juga: Beri insentif energi, Komisi VI DPR ingatkan pemerintah agar tak bebani BUMN

PLN juga memastikan bagi pelanggan yang sudah terlanjur membeli token listrik pada April, sebelum mendapatkan token stimulus Covid-19, pelanggan tetap dapat akan mendapatkan token listrik gratis yang menjadi haknya.

“Kalau pelanggan terlanjut beli token sebelumnya, tidak masalah, tetap bisa dapat token gratis untuk bulan April, baik melalui website, WhatsApp ataupun PLN Mobile. Jadi haknya tidak hilang,” tambah Made.

Untuk menjangkau pelanggan di daerah terpencil, PLN juga akan bekerjasama dengan perangkat pemerintah setingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan untuk memastikan bantuan listrik selama pandemi Covid-19 dapat diterima masyarakat.

“Kami telah berkomunikasi dengan pemerintah agar bisa bekerja sama memberdayakan aparatur di tingkat Kecamatan/Desa/Kelurahan, khususnya untuk menjangkau masyarakat yang berada di daerah terpencil,” ungkap Made.

Sedangkan untuk pelanggan rumah tangga 450 VA yang menggunakan kWh meter pascabayar, biaya rekening bulan April akan langsung digratiskan. Kemudian pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang menggunakan kwh meter pascabayar, rekening yang harus dibayarkan pada setiap bulannya akan dikurangi 50%.

Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo, PLN terus berupaya memastikan 24 juta pelanggan rumah tangga 450 Volt Ampere (VA) yang mendapatkan listrik gratis dan 7 juta pelanggan rumah tangga 900 VA bersubsidi yang mendapatkan diskon sebesar 50% untuk bulan April, Mei dan Juni.

Adapun, stimulus untuk pelanggan rumah tangga 450 VA dan 900 VA bersubsidi bisa didapatkan melalui website, dengan cara:
1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus covid-19.
2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar.
3. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:
1. Buka Aplikasi WhatsApp.
2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan.
3. Token gratis akan muncul
4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan.

Baca Juga: Masih bingung cara akses token listrik gratis PLN? Ini penjelasan simpelnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×