kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.011,48   2,44   0.24%
  • EMAS945.000 0,32%
  • RD.SAHAM -1.07%
  • RD.CAMPURAN -0.35%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

PLTS di Pabrik Sariguna Primatirta (CLEO) Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini


Senin, 20 Juni 2022 / 16:26 WIB
PLTS di Pabrik Sariguna Primatirta (CLEO) Ditargetkan Beroperasi Tahun Ini
Pemasangan pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) di atap pabrik PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sariguna Primatirta Tbk (CLEO) emiten produsen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) terus berupaya dalam meningkatkan aspek Environmental, Social, and Governance (ESG) untuk penggunaan energi yang lebih bersih dan keberlangsungan perusahaan yang sejalan dengan pelestarian lingkungan. 

Salah satu upaya yang dilakukan CLEO adalah menggunakan energi alternatif yang ramah lingkungan berupa Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap yang akan di pasang di 8 pabrik CLEO yang tersebar di Pulau Jawa.

Melisa Patricia, Wakil Direktur Utama CLEO mengatakan, pemasangan PLTS Atap ini merupakan salah satu komitmen CLEO dalam mempercepat tercapainya net zero carbon emission 2060 di mana CLEO melihat bahwa penggunaan energi baru dan terbarukan (EBT) semakin gencar dilakukan.

"Oleh karena itu, CLEO menargetkan pemasangan 8 PLTS Atap di beberapa pabriknya di Jawa Barat hingga Jawa Timur. Adapun proses pembangunan pada tahap awal berlokasi di Pabrik Pandaan yang merupakan pabrik terbesar CLEO dan diharapkan dapat siap dioperasikan di tahun ini,” ungkap dia dalam siaran pers yang diterima Kontan, Senin (20/6).

Baca Juga: Sinergi Inti Plastindo (ESIP) Ciptakan Produk Berbahan Dasar Limbah Plastik

Pemasangan PLTS Atap merupakan salah satu cara ideal CLEO dalam mempercepat tercapainya target bauran EBT sebesar 23% di tahun 2025 dan meningkatkan efisiensi energi yang bermuara pada penurunan biaya operasional perusahaan. Seperti diketahui bahwa PLTS Atap dinilai mampu meningkatkan eksistensi industri dan bisnis, karena menawarkan energi alternatif yang ramah lingkungan sehingga mampu menciptakan optimasi bisnis melalui penghematan biaya listrik.

Hingga saat ini, pemasangan PLTS Atap CLEO telah mencapai progres 25% dan tengah memasuki tahap pemasangan inverter setelah selesainya memasang modul PV (Photovoltaic). Adapun PLTS Atap memiliki kapasitas total 4,2 MWp atau sebesar 4.186,14 kWp yang terhubung ke jaringan PLN melalui sistem on-grid.

Melisa menyebut, CLEO berharap dengan adanya upaya yang dilakukan ini dapat memberikan kontribusi yang baik untuk lingkungan dan dapat membantu mengurangi emisi gas. Hal ini juga sebagai wujud komitmen CLEO sebagai produsen AMDK untuk terus meningkatkan kepercayaan pelanggan CLEO melalui produk-produk berkualitas dan ramah lingkungan.

"Diharapkan ke depan, CLEO dapat terus fokus dalam meningkatkan bisnis yang berkelanjutan,” tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Digital Marketing in New Normal Era The Science of Sales Management

[X]
×