kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potensi krisis pangan di tengah wabah corona dinilai kecil


Senin, 27 April 2020 / 13:43 WIB
Potensi krisis pangan di tengah wabah corona dinilai kecil
ILUSTRASI. Petani merontokkan gabah yang baru di panen di Kampung Sayar, Taktakan, Serang, Banten, Rabu (27/3/2019). Potensi krisis pangan di tengah wabah corona dinilai kecil. ANTARA FOTO/Weli Ayu Rejeki/af/foc.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim panen raya yang telah mulai terlaksana di beberapa daerah di Indonesia seolah menjadi hadiah membahagiakan untuk kepastian ketersediaan pangan nasional. 

Selain itu panen raya yang mulai terlaksana juga dinilai membuktikan bahwa petani adalah bagian penting saat situasi sulit krisis pandemi wabah virus Covid-19.

Baca Juga: Gelar rapat dengan DPR, Kementan usul penghematan anggaran Rp 7 triliun

"Tentu saja melegakan untuk ke depannya. Kementerian Pertanian (Kementan) menjamin stok pangan aman meskipun Indonesia sedang berjuang melawan wabah virus Covid-19," ujar Dekan Fakultas Pertanian UGM Jamhari dalam keterangannya, Senin (27/4) 

Oleh sebab itu, Jamhari beranggapan, krisis pangan akibat situasi wabah Covid-19 bakal kecil kemungkinan terjadi di Indonesia. Menurut Jamhari, masyarakat tidak perlu khawatir hingga melakukan aksi borong perbelanjaan.

"Di sini petani juga garda terdepan Indonesia. Menjaga Indonesia tidak sampai kekurangan pangan. Mereka juga sejahtera saat situasi sulit sekarang, ekonomi desa tetap kuat," ucap Jamhari.

Sebagai informasi, beberapa wilayah di Indonesia memang telah memasuki fase panen raya, seperti antara lain di Kendal, Jawa Tengah, Jombang, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Pati, Jawa Tengah, serta lainnya lagi.

Baca Juga: Masih ada tiga pasokan komoditi impor yang masih belum aman

Masa panen raya diperkirakan akan terus berlangsung hingga bulan Mei mendatang dengan luas cakupan mencapai jutaan hektare. Kementan memastikan, ketersediaan pangan tetap terpenuhi, bahkan hingga Idul Fitri mendatang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×