kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Potensi penjualan SUV melaju deras di musim hujan


Jumat, 03 Januari 2020 / 20:16 WIB
Potensi penjualan SUV melaju deras di musim hujan
ILUSTRASI. Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4 di kawasan Gunung Bromo. Segmen penjualan SUV diperkirakan naik pada kuartal I-2020

Reporter: Agung Hidayat | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Musim hujan yang membuka tahun 2020 diperkirakan membuat permintaan mobil dengan sasis yang tinggi, seperti Sport Utility Vehicle (SUV) banjir pesanan. Alhasil, beberapa Agen Pemegang Merek (APM) cukup optimistis penjualan mobil di awal tahun ini dapat lebih baik dibandingkan tahun lalu.

Vice President PT Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto mengaku, pasar otomotif awal tahun ini berpeluang besar untuk tumbuh dibandingkan tahun lalu. Adapun untuk segmen SUV diperkirakan masih punya potensi terus meningkat.

"Trennya (SUV) memang naik sesuai kebutuhan customer yang butuh ground clearance tinggi dan berkapasitas besar," terangnya kepada Kontan.co.id, Jumat (3/1).

Baca Juga: Penjualan kendaraan roda empat moncer menjelang tutup tahun 2019

Mengenai target penjualan di awal tahun ini, manajemen TAM belum dapat membeberkannya namun untuk periode Januari - November tahun lalu APM ini berhasil meraih penjualan sebanyak 304.344 unit mobil. Di mana 23%-nya disumbangkan oleh mobil SUV model Rush dan Fortuner sebesar 71.587 unit.

Sementara itu, PT Sokonindo Automobile (DFSK) mengungkapkan, pertumbuhan pasar otomotif secara umum di tahun 2020 tidak banyak perbedaan dibandingkan tahun lalu. Namun dari segmen SUV masih ada harapan kenaikan tinggi. Mengingat dalam empat tahun terakhir segmen ini mampu tumbuh rata-rata di level 5%.

Baca Juga: Musim hujan hambat penjualan ritel kendaraan roda empat

"Di tahun 2019 pun segmen ini pertumbuhannya cenderung stabil setiap bulannya dibanding segmen lain yg cukup fluktuatif. Artinya segmen SUV ini telah memiliki target konsumen nya sendiri," lanjut Arviane Dahniarny, PR & Digital Manager DFSK.

Segmen mobil ini memang menjadi andalan DFSK karena 60% penjualannya didominasi oleh model ini. APM asal Negeri Tirai Bambu ini optimistis di tengah persaingan mobil SUV lainnya lantaran fokus mengembangkan medium SUV dengan harga yang kompetitif.





Close [X]
×