kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Potret Pasar Pramuka menjelang new normal


Kamis, 04 Juni 2020 / 11:29 WIB
Potret Pasar Pramuka menjelang new normal
ILUSTRASI. Perumda Pasar Jaya gelar Operasi Pasar penjualan masker di Pasar Pramuka


Reporter: Asnil Bambani Amri | Editor: Asnil Amri

KONTAN.CO.ID - Matahari pagi belakangan ini bersinar sangat terik. Pukul 10.00 WIB, sinar mentari sudah terasa cukup panas menerpa kulit dan menerpa parkiran kendaraan di Pasar Pramuka. Berbeda dengan kondisi hari biasanya, Pasar Pramuka pada hari Rabu (3/6) tampak berbeda karena lebih ramai dari biasanya, terutama hadirnya pengelola pasar dan petugas keamanan di pintu masuk pasar.

Ada banyak petugas satuan kepolisan, satuan TNI dan juga satuan polisi pamongpraja termasuk pengelola pasar. Mereka semuanya mengawal pengunjung yang hendak masuk ke Pasar Pramuka. Gerbang masuk pasar yang selama ini terbuka lebar, kini diarahkan melewati satu pintu masuk. Semua pengunjung harus masuk bergantian.

Sebelum masuk, pengunjung diwajibkan pakai masker dan mencuci tangan di tempat yang telah disediakan. Selanjutnya, pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun yang dioperasikan oleh salah satu petugas. Setelah masuk, beberapa petugas keamanan juga terlihat berada di dalam pasar, mereka agaknya ingin memastikan physical distancing diberlakukan pedagang dan pengunjung.

“Mulai berlaku hari ini (Rabu), sebelumnya tidak ada aturan cuci tangan dan pemeriksaan suhu,” kata Andri, salah satu pengunjung di Pasar Pramuka. Andri memperkirakan, petugas sedang mempersiapkan aturan new normal di Pasar Pramuka.

Selain mengatur pengunjung yang masuk pasar, petugas dari beragam kesatuan itu juga mengatur pintu ke luar pengunjung pasar. Sehingga, pintu masuk pasar berbeda dengan pintu ke luar. Di pintu ke luar juga terdapat keran air untuk cuci tangan pengunjung yang hendak ke luar pasar.

Meski diatur ketat, namun di dalam pasar masih kelihatan pedagang obat dan alat kesehatan yang tidak menaati aturan protokol kesehatan. Mulai dari ketaatan dalam menjaga jarak, hingga ketaatan dalam memakai masker. Namun demikian, tak menghalangi mereka dan pengunjung melakukan transaksi.

Pemberlakuan aturan berkunjung ke Pasar Pramuka itu tak menghalangi pelanggan berbelanja di pasar obat terbesar di Indonesia tersebut. Namun memang, pemadangan Pasar Pramuka kali ini agak berbeda dengan semasa normal. Pasar burung yang berada tepat di belakang Pasar Pramuka, kini masih tutup beroperasi.

Jika di pasar obat-obatan banyak tokok masih beroperasi normal, namun di Pasar Burung tak terlihat satupun aktivitas pedagang. Kondisi ini mempengaruhi pengunjung pasar yang parkir di areal parkir Pasar Pramuka. Lahan parkir yang biasanya padat, kini tampak lebih lega dan lapang.

Nah, dengan ada aturan masuk dan ke luar masuk pasar, tentu akan membuat nyaman pengunjung yang ingin belanja obat dan alat medis. Anda tertarik belanja ke Pasar Pramuka?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×