kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Praktik Bisnis Berprinsip ESG BUMI, Disebut Dalam Sidang Dialog PBB


Senin, 04 Maret 2024 / 20:10 WIB
Praktik Bisnis Berprinsip ESG BUMI, Disebut Dalam Sidang Dialog PBB
ILUSTRASI. Penghargaan Leadership AA yang diterima PT Bumi Resources Tbk dalam ESG Disclosure Transparency Awards 2023.


Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Andy Dwijayanto

KONTAN.CO.ID -  Praktik bisnis Bumi Resources Tbk (BUMI) jadi salah satu contoh yang disebut dalam sidang dialog Pemerintah Indonesia dengan Komite Hak Ekonomi, Sosial dan Budaya Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Dalam sidang dialog di Palais Wilson, Jenewa, Swiss (20/2), BUMI disebut berhasil menaikkan skor Environmental, Social, and Governance (ESG) secara signifikan berkat Uji Tuntas HAM berdasarkan The United Nations Guiding Principle (UNGP) on Business and Human Rights dan Penilaian Risiko Bisnis dan HAM (PRISMA) yang diselenggarakan Kementerian Hukum dan HAM RI.

Baca Juga: Meneropong Return Reksadana Berbasis ESG

Direktur Instrumen HAM, Farid Junaedi, salah satu delegasi Indonesia di UN Committee on Economic, Social and Cultural Rights (CESCR) mengungkapkan BUMI menjadi Perusahaan yang mampu menaikkan skor ESG aspek Sosialnya di Bloomberg ESG sebesar 18% dari pelaksanaan Uji Tuntas HAM dan Penilaian PRISMA pada tahun sebelumnya.

Pada lain kesempatan, Direktur Jenderal HAM Dhahana Putra mengapresiasi upaya-upaya yang telah dilakukan BUMI untuk meningkatkan implementasi HAM dalam aktivitas bisnisnya. Menurut Dhahana yang telah dikerjakan BUMI ini sejatinya sejalan dengan amanat Peraturan Presiden No. 60 Tahun 2023 Tentang Strategi Nasional Bisnis dan HAM.  “Kami meyakini penerapan bisnis dan HAM yang dilakukan BUMI ini dapat meningkatkan daya saing usaha di tingkat global,” terang Dhahana dalam siaran pers, Senin (4/3/2024)

Presiden Direktur PT Bumi Resources Tbk, Adika Nuraga Bakrie mengatakan BUMI menjunjung tinggi prinsip-prinsip penghormatan bisnis terhadap HAM. Perusahaan telah dua kali dalam kurun
waktu dua tahun terakhir melaksanakan uji tuntas HAM oleh pihak independen di seluruh wilayah operasionalnya sebagai wujud komitmen perusahaan.

Baca Juga: Kiprah si Burung Hantu Menghadapi Hama di Perkebunan Kelapa Sawit

Lebih lanjut Aga menyampaikan sebagai bentuk continuous improvement, perusahaan mencari cara untuk memperbaiki kebijakan dan mekanisme pengaduan, melalui uji tuntas HAM,
PRISMA dan mekanisme lain. Perusahaan senantiasa berupaya proaktif untuk meminimalisir potensi masalah sebelum masalah tersebut muncul.

Baca Juga: Meski Bukan Blue Chip, Saham Grup Bakrie Ini Layak Dicermati Usai Naik Tinggi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×