kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.482.000   11.000   0,75%
  • USD/IDR 15.490   -65,00   -0,42%
  • IDX 7.496   -47,74   -0,63%
  • KOMPAS100 1.161   -10,37   -0,89%
  • LQ45 930   -7,66   -0,82%
  • ISSI 225   -1,75   -0,77%
  • IDX30 479   -4,07   -0,84%
  • IDXHIDIV20 576   -4,59   -0,79%
  • IDX80 132   -1,10   -0,82%
  • IDXV30 142   -0,97   -0,68%
  • IDXQ30 160   -1,14   -0,70%

Prima Cakrawala Abadi (PCAR) Optimistis Target Volume Penjualan Tahun Ini Tercapai


Minggu, 07 Juli 2024 / 19:17 WIB
Prima Cakrawala Abadi (PCAR) Optimistis Target Volume Penjualan Tahun Ini Tercapai
ILUSTRASI. Produk olahan makanan laut PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR). Prima Cakrawala Abadi (PCAR) optimistis dapat mencapai target bisnis yang dibidik tahun ini.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten produsen rajungan, PT Prima Cakrawala Abadi Tbk (PCAR) optimistis dapat mencapai target bisnis yang dibidik tahun ini. Optimisme tersebut seiring dengan permintaan yang tinggi terhadap produk rajungan beku sehingga volume produksi tetap dapat terjaga. 

Direktur Utama PCAR Raditya Wardhana masih optimistis target volume penjualan dapat tercapai. Saat market rajungan kaleng sedang turun, produk rajungan beku mendapatkan permintaan yang cukup baik. 

Namun memang nilai penjualan turun. Penurunan nilai penjualan ini disebabkan oleh market correction atas harga rajungan di negara tujuan ekspor.

“Penurunan harga jual ini diimbangi juga dengan penurunan harga bahan baku sehingga margin dapat dijaga di dalam range,” ungkap Raditya, kepada Kontan.co.id, Jumat (5/7). 

Baca Juga: PCAR Pacu Penjualan Produk Perikanan di Pasar Lokal

Sebagai informasi, sampai dengan akhir 2024 PCAR mengestimasi target penjualan sebanyak 1,5 juta pon-1,7 juta pon dengan total nilai sekitar Rp 300 miliar. 

Saat ini PCAR belum fokus untuk membuka negara tujuan lain. PCAR masih harus memenuhi permintaan dari pelanggan yang sudah ada yakni ke pasar Amerika Serikat (AS). 

Di sisi lain, PCAR berupaya mengembangkan pasar lokal dengan menambah varian produk yang dipasarkan, antara lain ikan salmon, udang beku serta lobster.

Baca Juga: Prima Cakrawala (PCAR) Melebarkan Pangsa Pasar Lokal Melalui Diversifikasi Produk

Merujuk pemberitaan sebelumnya, PCAR memproyeksikan peningkatan penjualan serta melebarkan pangsa pasar lokal melalui diversifikasi produk pada kuartal II-2024. 

Prima Cakrawala menargetkan pendapatan di angka Rp 6 miliar khusus untuk pasar lokal sepanjang tahun ini. Target itu naik 70% dari sebelumnya penyerapan untuk pasar lokal sebesar Rp 1,56 miliar.

Dari sisi belanja modal atau capital expenditure (Capex), PCAR tak menganggarkan nilai yang besar di tahun ini. “Mayoritas anggaran ditujukan untuk peremajaan mesin produksi serta pengadaan kendaraan logistik untuk sarana kegiatan operasional,” tandasnya. 

Per kuartal I-2024, penjualan neto PCAR tercatat sebesar Rp 78,12 miliar. Sedangkan laba bersih PCAR mencapai Rp 2,61 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Eksekusi Jaminan Fidusia Pasca Putusan MK Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES)

[X]
×