kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produk Jepang meramaikan persaingan bisnis suku cadang otomotif di Indonesia


Kamis, 26 April 2018 / 22:51 WIB
Produk Jepang meramaikan persaingan bisnis suku cadang otomotif di Indonesia


Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Roki Co, ltd, mulai melirik Indonesia sebagai ladang subur untuk memasarkan produk-produknya. Perusahaan otomotif asal Jepang yang berdiri sejak tahun 1958 dan  berpusat di kota Hamamatsu siap menawarkan berbagai produk suku cadang otomotif, baik untuk mobil maupun sepeda motor.

Head of Global After Market Product Departement Roki Japan Masaaki Suzuki menjelaskan, perusahaan ini memiliki bisnis utama di bidang teknologi filtrasi saringan udara, saringan oli mesin, serta oli mesin untuk konsumen global after market. Saat ini Roki telah memiliki 22 pabrik dan kantor lebih di 12 negara. Di kawasan Asia, pabrik Roki berada di Thailand, India, Vietnam dan di Indonesia berada di daerah Cikarang Barat, Jawa Bart. Di Indonesia, pabrik Roki dibangun pada tahun 2017. "Indonesia pasar yang sangat potensial untuk pengembangan produk suku cadang otomotif yang memiliki kualitas tinggi, namun harga terjangkau," ungkap Suzuki, dalam rilis Kamis (26/4)

Saat ini, pasar suku cadang aftermarket di Indonesia menempati peringkat empat dunia. Kategori mobil naik dari 1,06 juta di tahun 2016 menjadi 1,08 juta di 2017. Sedangkan suku cadang sepeda motor naik dari 5,93 juta menjadi 6,1 juta di periode yang sama.

Salah satu andalan Roki adalah oli yang mengusung merek dagang R-Max yang  diluncurkan Roki Co Ltd Jepang sejak Agustus 2014. Oli produksi Roki bisa dipergunakan untuk sepeda motor dan mobil. R-Max  terbagi dalam tiga jenis, yaitu R-Max-G (Global), bisa digunakan untuk sejumlah model kendaraan, R-Max-P (Premium) untuk kendaraan premium dan produk aftermarket R-Max-R (Racing), untuk kendaraan racing atau balapan. Jenis terakhir ini akan segera menyusul diluncurkan di Indonesia

Manager PT Roki Asia Trading Indonesia Johan Yunus Djuardi menjelaskan, sementara ini suku cadang yang diproduksi di Indonesia masih berupa saringan udara, saringan oli, pembersih dalam bentuk semprot dan oli mesin. Pertimbangannya, perputaran produk-produk tersebutcepat dan banyak digunakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×