kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produksi CPO tumbuh, Bakrie Sumatera Plantations (UNSP) fokus replanting


Jumat, 06 Agustus 2021 / 18:33 WIB
Produksi CPO tumbuh, Bakrie Sumatera Plantations (UNSP) fokus replanting
ILUSTRASI. Pekerja membudidayakan bibit pohon karet di perkebunan milik PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) di Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumut, Kamis (26/4). KONTAN/Daniel Prabowo


Reporter: Dimas Andi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen sawit, PT Bakrie Sumatera Plantations Tbk (UNSP) disebut telah mencatatkan kinerja operasional yang cukup positif selama tahun 2021 berjalan. Emiten ini tengah berupaya melakukan peremajaan tanaman dengan penggunaan bibit unggul.

Walau tidak disebut secara rinci, Direktur UNSP Andi W. Setianto menyampaikan, produksi minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) UNSP tumbuh sekitar 15% (yoy) sampai semester I-2021.

Dalam catatan Kontan, produksi CPO UNSP di semester I-2020 lalu berada di level 50.685 ton. Jika mengacu pada pertumbuhan sebesar 15% (yoy) tadi, maka realisasi produksi CPO UNSP di semester I-2021 diperkirakan sebesar 58.288 ton.

Baca Juga: Phapros (PEHA) mencatat kontribusi penjualan ekspor masih di bawah 10%

Manajemen UNSP berharap tren pertumbuhan produksi CPO perusahaan dapat terus berlangsung hingga akhir tahun nanti. Ini mengingat harga CPO global juga masih dalam tren yang positif dalam beberapa waktu terakhir.

Andi juga memastikan bahwa seluruh hasil produksi CPO UNSP dijual ke pasar domestik. Sebab, UNSP berusaha memenuhi kebutuhan bahan baku biodiesel B30 yang merupakan program pemerintah untuk substitusi impor minyak mentah.

“CPO kami eksklusif untuk pasar domestik, tidak ada ekspor. Karena Indonesia ada program B30, kami suplai kebutuhan CPO-nya,” ujar dia dalam paparan publik virtual, Jumat (6/8).

Andi menambahkan, tahun ini pihaknya masih terus melanjutkan program penanaman kembali (replanting) pohon-pohon sawit di area perusahaan. Untuk tahun 2021, UNSP melakukan replanting di area seluas 2.500 hektar.

Program replanting ini sebenarnya telah berjalan sejak beberapa tahun lalu. Dari 2018 sampai 2020 silam, UNSP telah berhasil melaksanakan replanting dengan luas area sekitar 7.000 hektar.

Baca Juga: Kembali perketat sanksi DMO batubara, Pengamat: Perlu konsistensi penerapan

UNSP pun menggunakan bibit unggul hasil kolaborasi antara perusahaan dengan Agricultural Service & Development (ASD) asal Kosta Rika. Baik ASD dan UNSP telah tergabung dalam joint venture atau perusahaan patungan sejak 2011.

Namun, kerja sama dengan ASD sebenarnya telah berlangsung sejak 1994 silam. Adapun impor bibit unggul UNSP dari ASD telah dilakukan sejak 2006 lalu.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×