kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Produksi Merchandise Piala Dunia U-17, Juaraga Gandeng UMKM Lokal


Jumat, 10 November 2023 / 12:02 WIB
Produksi Merchandise Piala Dunia U-17, Juaraga Gandeng UMKM Lokal
ILUSTRASI. Pengunjung saat memilih merchandise resmi Piala Dunia U-17 2023 di Toko Juaraga, Jakarta, Kamis (2/11/2023).


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Perhelatan FIFA U-17 World Cup di Indonesia diprediksi berdampak pada ekonomi. Salah satunya terkait penjualan merchandise.

FIFA telah menunjuk PT Juara Raga Adidaya (Juaraga) sebagai pemegang lisensi merchandise resmi FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023 yang bertanggung jawab untuk memproduksi dan mendistribusikan beragam produk merchandise berlisensi resmi, bekerja sama dengan Local Organizing Committee (LOC) Indonesia yakni PSSI.

CEO Juaraga Mochtar Sarman mengatakan, Juaraga melibatkan tujuh UMKM dalam memproduksi beberapa jenis merchandise. Misalnya maskot, syal dan lainnya. Tujuh UMKM ini tersebar di beberapa kota seperti di Bandung, Jakarta, dan lainnya.

“Sekitar 300-an pekerja (dari UMKM) yang terlibat,” ujar Mochtar kepada Kontan.co.id, Jumat (10/11).

Baca Juga: Pengurus FIFA Temui Presiden Jokowi di Istana, Pakai Jas dan Peci

Secara keseluruhan total tenaga kerja yang terlibat dalam produksi merchandise ini mencapai ribuan tenaga kerja terampil lokal. Mereka memproduksi 32 jenis produk dengan standar yang telah ditetapkan FIFA. Mulai dari jersey, syal, maskot, tas, stiker, gantungan kunci, dan lainnya.

“Bahan baku 98% semua dari lokal, dari penjahitan atau pembuatan sendiri 100% buatan lokal,” terang Mochtar.

Sedangkan, 2% material yang diimpor merupakan komponen untuk memastikan keaslian dan lisensi dari FIFA, seperti hologram dan material eksklusif lainnya. Sehingga keaslian produk terjamin.

Baca Juga: Jadwal Siaran Langsung Pembukaan Piala Dunia U17 2023 Hari Ini, Indonesia Vs Ekuador

Selain dampak ekonomi, Mochtar menambahkan, UMKM dapat belajar membuat suatu produk berstandar internasional dari keterlibataannya dalam produksi merchandise Piala Dunia U-17. Di satu sisi, perhelatan Piala Dunia U-17 juga dapat memberi dampak ekonomi di sekitar venue pertandingan.

Adapun berbagai merchandise yang dijual dibanderol dengan harga mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 899.000. “(Jumlah produksi merchandise hingga saat ini) Sudah puluhan ribu,” ucap Mochtar.

Seperti diketahui, Juaraga menjadi mitra LOC untuk operasional outlet-outlet penjualan merchandise di semua stadion yang menjadi venue pertandingan. Yakni Stadion Jakarta International Stadium, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, Stadion Manahan Solo, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

Selain di outlet-outlet Juaraga, merchandise Piala Dunia U-17 juga tersedia di Official Garuda Store milik PSSI, outlet – outlet Electronic City dan Alfamart, serta di Outlet Cenderamata Astra.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×