kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Program Pembagian Rice Cooker Gratis, Anggota DPR Beri Saran Ini


Minggu, 08 Oktober 2023 / 19:30 WIB
Program Pembagian Rice Cooker Gratis, Anggota DPR Beri Saran Ini
ILUSTRASI. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersiap menjalankan program pembagian rice cooker gratis ke masyarakat.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) bersiap menjalankan program pembagian rice cooker gratis ke masyarakat. 

Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno mengatakan, kebijakan pembagian rice cooker gratis ini memiliki dampak positif dalam mendorong substitusi impor LPG serta meningkatkan konsumsi listrik.

"Ini bisa mendorong kemandirian energi dan membantu konsumsi listrik yang saat ini kita masih kelebihan pasokan sekitar 6,5 GW," kata Eddy kepada Kontan.co.id, Minggu (8/10). 

Meski demikian, Eddy mengharapkan agar pelaksanaan program pembagian rice cooker ini dijalankan sebaik mungkin. Salah satunya dengan memastikan kelompok masyarakat penerima manfaat merupakan pihak yang berhak. 

Baca Juga: Tahun Ini, Program Bagi-Bagi Rice Cooker Gratis Mulai Dijalankan

Menurutnya, program pembagian rice cooker ini diharapkan dapat menekan angka konsumsi LPG subsidi di masyarakat. Untuk itu, hanya masyarakat yang memang selama ini masuk dalam kategori penerima subsidi LPG lah yang diharapkan dapat menerima program pembagian rice cooker ini. 

"Yang perlu dipastikan adalah pendataan terhadap penerima. (Maka) akan terjadi perubahan paradigma di masyarakat," imbuh Eddy. 

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana mengatakan, pemerintah ingin mendorong supaya terjadi pemanfaatan energi bersih di seluruh sektor. Baik itu di industri, transportasi, hingga rumah tangga. 

“Di rumah tangga juga kita dorong salah satunya dengan menggeser pemanfaatan yang misalkan sekarang gunakan yang lain (LPG), geser ke listrik,” jelasnya saat ditemui di Gedung Kementerian ESDM, Jumat (6/10). 

Baca Juga: Aturan Bagi-bagi Rice Cooker Gratis Akhirnya Terbit, Berikut Rinciannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×