CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.364.000   21.000   0,90%
  • USD/IDR 16.757   28,00   0,17%
  • IDX 8.420   13,34   0,16%
  • KOMPAS100 1.164   -0,44   -0,04%
  • LQ45 848   -0,95   -0,11%
  • ISSI 294   0,44   0,15%
  • IDX30 442   -0,63   -0,14%
  • IDXHIDIV20 514   -0,01   0,00%
  • IDX80 131   0,01   0,01%
  • IDXV30 135   -0,15   -0,11%
  • IDXQ30 142   -0,01   -0,01%

Proyek Rel Kereta Api Bukit Asam Masih Tersendat


Jumat, 19 Februari 2010 / 09:49 WIB
Proyek Rel Kereta Api Bukit Asam Masih Tersendat


Sumber: Kontan | Editor: Test Test

JAKARTA. Proyek pembangunan rel kereta api untuk mengangkut batubara PT Tambang Batubara Bukit Asam Tbk (PTBA) dari Muara Enim menuju Lampung masih tersendat. Bahkan, Bukit Asam sedang mengkaji ulang kontrak kerjasama dengan dua mitranya dari China: Transpacific Railway Infrastructure dan China Railway Engineering Corporation.

Direktur Utama Bukit Asam Sukrisno bilang, review itu ditempuh lantaran studi kelayakan proyek dilakukan pada 2006 silam. Padahal, sekarang sudah tahun 2010. Jadi, kemungkinan terjadi kenaikan nilai proyek akibat perubahan harga baja dan nilai tukar yuan terhadap rupiah.

Namun, Sukrisno mengaku belum mengetahui besaran kenaikan nilai proyek yang sebelumnya ditaksir sebesar US$ 1,08 miliar itu. Alasannya, tim dari Bukit Asam dan dua perusahaan China tersebut masih membahasnya. "Minggu depan tim kami akan ke China lagi untuk negosiasi. Mudah-mudahan tidak lama lagi akan selesai sehingga bisa meneken kontrak dan tiang pancang," kata dia, Kamis (18/1). Sukrisno berharap, kenaikan nilai proyek tersebut masih dalam batas wajar. Sehingga, perusahaannya tidak perlu repot mencari dana tambahan.

Ramalan pembengkakan biaya proyek ini sebenarnya bukan kali pertama terungkap. Pada Oktober 2009, PTBA pernah memprediksi investasi proyek ini membengkak jadi US$ 1,3 miliar.

Berbagai perubahan tersebut membuat proyek ini tersendat. Padahal, pemasangan tiang pancang semestinya sudah dilakukan November 2009. Tak ayal, sempat beredar kabar bahwa konsorsium PTBA-Transpacific dan China Railway bubar.

Namun, Direktur Jenderal Perkeretaapian Tundjung Inderawan menampiknya. Ia bahkan memastikan bahwa pemerintah telah menerbitkan izin prinsip pembangunan proyek tersebut. Alhasil, konsorsium berwewenang mengoperasikan kereta angkut batubara tersebut. Adapun pembebasan tanah, penempatan, dan pembangunan rel harus melalui izin Bupati yang bersangkutan.

Toh, konsorsium masih memiliki waktu buat merampungkal rel sepanjang 307 kilometer tersebut. Sebab, mereka menargetkan bisa mengoperasikan kereta itu pada 2012 atau 2013 nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×