kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

PSN akan tawarkan slot Satelit Nusantara Satu ke BAKTI


Rabu, 23 Januari 2019 / 17:28 WIB

PSN akan tawarkan slot Satelit Nusantara Satu ke BAKTI

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) bakal meluncurkan Satelit Nusantara Satu pada pertengahan Februari 2019. Satelit Nusantara Satu yang akan diluncurkan PSN itu merupakan satelit dengan spesifikasi HTS. Total kapasitas yang dimiliki Nusantara Satu sebesar 15 gigabytes per detik.

Direktur Strategi dan Korporasi PSN Anggarini Surjaatmadja mengatakan, beberapa slot transponder yang ada di Satelit Nusantara Satu rencananya bakal ditawarkan ke Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI)."Ada 30% slot tersisa setelah peluncuran," katanya pada Rabu (23/1).


Sekadar tahu BAKTI ingin mewujudkan program "merdeka sinyal 2020" yang ingin menghadirkan layanan seluler ke pelosok Indonesia. Untuk mewujudkan itu BAKTI berencana menyewa transponder high throughput satellite (HTS).

Saat ini PSN juga sedang berkompetisi pada lelang pengadaan satelit HTS. Konsorsium PSN yang terdiri dari berbagai perusahaan dari grup PSN akan bersaing dengan konsorsium Dharma Bakti yang terdiri dari Societe Europeenne des Satellites yakni perusahaan satelit asal Luksemburg dan anak perusahaan PT Sarana Menara Nusantara Tbk, iForte.

Catatan Kontan.co.id, pengumuman pemenang lelang HTS itu rencananya bakal diumumkan pada Maret 2019. Untuk pengadaan satelit HTS, Direktur Utama BAKTI Anang Latif menyebut belanja modal yang dibutuhkan sebesar Rp 8 triliun.​


Reporter: Harry Muthahhari
Editor: Azis Husaini

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×