kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT KAI bakal luncurkan empat KA baru


Selasa, 28 Januari 2014 / 23:15 WIB
PT KAI bakal luncurkan empat KA baru
Truk trailer melintas di lapangan penumpukan kontainer di PT Terminal Petikemas Surabaya, Surabaya, Jawa Timur, Selasa (16/8/2022). Ketidakpastian Global Masih Jadi Ancaman pada Pertumbuhan Ekonomi Indonesia.


Sumber: TribunNews.com | Editor: Hendra Gunawan

PURWOREJO. Wacana untuk membuat jalur kereta api jalur melingkar (loop) yang dilemparkan oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan segera terwujud. Awal Februari 2014 nanti PT KAI akan meluncurkan empat KA baru yang menghubungkan empat kota besar di tengah pulau Jawa di DIY dan Jawa Tengah.

Manajer Humas PT KAI daop V Purwokerto, Surono mengatakan, empat rute KA baru yang membentuk loop Jateng-DIY tersebut meliputi rute Kroya-Lempuyangan-Purwokerto yang akan menggunakan perpanjangan rute KA Serayu Malam.

Sedangkan rute Lempuyangan-Kutoarjo akan ditempuh KA baru Ajisaka, rute Purwokerto-Semarang menggunakan KA baru Kamandaka, dan rute Purwosari-Solobalapan-Semarang menggunakan KA Kalijaga.

KA Ajisaka direncanakan akan membawa rangkaian delapan kereta penumpang kelas ekonomi ac. Tarif untuk KA Ajisaka ini dipatok sebesar Rp 15.000 untuk Lempuyangan-Kutoarjo atau sebaliknya.

Sedangkan untuk KA Kalijaga menggunakan tujuh kereta kelas ekonomi AC. Tarif KA Kalijaga ini untuk Purwosari-Semarang atau sebaliknya hanya sebesar Rp 15.000. KA Kalijaga ini direncanakan akan beroperasi pada pertengahan Februari 2014.

"KA baru yang membentuk loop Jateng-DIY ini rencananya akan dilayani dengan KA kelas ekonomi ac non subsidi (non-PSO). Namun meski demikian tarif yang dikenakan dipastikan masih akan terjangkau oleh masyarakat. Setidaknya berimbang dengan tarif bus yang ada, namun dengan waktu tempuh yang jauh lebih cepat," jelas Surono dalam siaran persnya, Selasa (28/1).

Pengoperasian empat KA yang menjalani rute baru di Jateng - DIY tersebut, lanjut Surono merupakan bagian dari 16 perjalanan KA baru di seluruh Jawa yang rencananya akan diluncurkan PT KAI pada Februari 2014 ini.

KA Baru tersebut diantaranya KA Maharani rute Surabaya-Cepu, KA Kiansantang rute Bandung-Cianjur, KA Siliwangi rute Sukabumi-Cianjur, KA Sarangan rute Surabaya-Madiun, KA Sidomukti rute Solo-Yogya.

Selain itu ada pula penambahan di beberapa rute lain misalnya Surabaya-Malang, Surabaya-Jember, Probolinggo-Surabaya, Gambir-Cirebon, Malang-Blitar dan Gambir-Bandung. (Budi Prasetyo)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×