kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PT Sang Hyang Seri Pasok Benih Padi untuk 7.000 Ha Sawah di Jawa Tengah


Selasa, 02 Juli 2024 / 17:42 WIB
PT Sang Hyang Seri Pasok Benih Padi untuk 7.000 Ha Sawah di Jawa Tengah
ILUSTRASI. PT Sang Hyang Seri, anggota BUMN Holding Pangan ID FOOD menyalurkan benih padi untuk 7.000 hektar (ha) sawah di Jawa Tengah.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Tri Sulistiowati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sang Hyang Seri, anggota BUMN Holding Pangan ID FOOD  menyalurkan benih padi untuk 7.000 hektar (ha) sawah di wilayah provinsi Jawa Tengah. 

Direktur Utama PT Sang Hyang Seri (SHS) Adhi Cahyono Nugroho mengatakan, benih padi untuk 7.000 ha sawah tersebut akan difokuskan penyalurannya di Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah.

Langkah ini merupakan bagian dari penyaluran bantuan benih sebanyak 175.000 kg untuk program Peningkatan Indeks Pertanaman yang dicanangkan oleh Direketorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian RI, di mana SHS bertugas sebagai operatornya.

"Melalui kegiatan ini SHS akan menyalurkan bantuan benih sebanyak total 175.000 kg. Bantuan benih ditujukan bagi para petani dengan tujuan peningkatan produktivitas lahan pertanian. Sehingga diharapkan para petani dapat meningkatnya rerata masa tanam dan masa panen lahan dalam satu tahun,” ujar Adhi, Selasa (2/7). 

Baca Juga: Menteri BUMN Launching Holding BUMN Pangan, Sebutannya ID FOOD

Adhi mengatakan, dalam program ini hingga 1 Juli 2024 pihaknya telah memasok benih padi sebanyak 122.750 kg dari target sebanyak 175.000 kg, atau sudah tercapai sebanyak 70% dari target yang ditetapkan. 

“Varietas benih padi yang disalurkan adalah Inpari 32, dengan jumlah penerima sebanyak 161 kelompok tani dengan 12.407 anggota/petani,” jelasnya. 

Produksi benih padi yang dilakukan SHS untuk program ini juga dilakukan dengan melibatkan para kelompok tani. Kolaborasi ini tentunya akan berdampak pada peningkatan kesejahteraan petani.

Proses pengadaan bantuan benih melalui SHS ini dilakukan secara fair melalui e-Katalog dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). 

Dalam proses pengadaannya, SHS bersaing secara kompetitif dengan para produsen lain yang terdaftar pada E-Katalog Benih Padi Kementan, baik dari sisi harga, kualitas, pelayanan dan kemampuan distribusi ke titik bagi kelompok tani.

Baca Juga: Dirut RNI Beberkan Strategi Pengembangan Holding BUMN Pangan

Selanjutnya: Soal Penerapan Aturan Pelaporan Data Transaksi Pendanaan, Begini Kata Pengamat

Menarik Dibaca: 5 Aroma Vagina yang Paling Umum dan Penyebabnya, Moms Harus Tahu!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×