kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,59   -9,90   -1.07%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PTPN V targetkan empat pembangkit tenaga biogas baru dapat beroperasi pada tahun ini


Senin, 30 Agustus 2021 / 20:27 WIB
PTPN V targetkan empat pembangkit tenaga biogas baru dapat beroperasi pada tahun ini
CEO PTPN V Jatmiko K Santosa meninjau lokasi pengembangan PTBG di salah satu unit pabrik kelapa sawit PTPN V.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - PEKANBARU. PT Perkebunan Nusantara V menargetkan empat pembangkit tenaga biogas (PTBg) dengan memanfaatkan limbah cair atau Palm Oil Mill Effluence (POME) pabrik kelapa sawit selesai dibangun dan beroperasi pada 2021 ini.

Chief Executive Officer PTPN V, Jatmiko K Santosa, mengatakan satu unit PTBg hasil sinergi bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Ristek BRIN, dan lembaga pengelola dana pendidikan (LPDP) yang berlokasi di Pabrik Kelapa Sawit Sei Pagar, Kabupaten Kampar, Riau, telah selesai dan siap untuk dioperasikan.

"Untuk di Sei Pagar Insya Allah dalam waktu dekat akan segera diresmikan," katanya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan, Senin (30/8).

Sementara tiga unit PTBg lainnya yang dibangun secara mandiri oleh PTPN V berdasarkan transfer ilmu dan pengalaman inovasi teknologi pemanfaatan biogas dari BPPT masih dalam tahap pembangunan. Ketiganya berlokasi di Pabrik Kelapa Sawit (PKS) PKS Lubuk Dalam, PKS Tapung, dan PKS Rokan dengan progres rata-rata mencapai 60%.

Baca Juga: Industri sawit dapatkan nilai tambah jika terapkan mitigasi perubahan iklim

Jatmiko menjelaskan, pemanfaatan limbah cair sawit menjadi salah satu program utama PTPN V dalam upaya menekan cost production dan menambah income perusahaan. Selain itu, langkah tersebut juga selaras dengan komitmen perusahaan milik negara tersebut untuk menekan emisi gas rumah kaca serta mendorong konversi energi dan sumber daya alam yang efisien.

Dalam pelaksanaannya, Jatmiko yang juga Ketua Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) Riau itu memaparkan PTPN V menggunakan konsep PTBg Covered Lagoon.

Konsep tersebut diawali dengan membangun kolam raksasa untuk menampung limbah cair atau POME. Kolam selanjutnya dipasang terpal cover berbahan HDPE berukuran besar untuk menangkap gas methane yang dilepaskan limbah cair.

Gas yang terperangkap lalu dimanfaatkan sebagai bahan bakar boiler atau bejana penghasil uap untuk disalurkan sebagai sumber penggerak turbin atau langsung dimanfaatkan untuk sterilizer atau pemasak buah sawit.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×