kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PTPN XI kejar target produk diversifikasi tebu


Kamis, 02 Maret 2017 / 17:46 WIB
PTPN XI kejar target produk diversifikasi tebu


Sumber: Antara | Editor: Rizki Caturini

SURABAYA. PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI terus mengejar target produk diversifikasi atau turunan tebu selain gula. Tujuannya untuk meningkatkan kinerja produksi gula dan perolehan laba pada tahun 2017.

"Tahun ini PTPN XI akan terus memperkuat bisnisnya yang menghasilkan produk diversifikasi dari tebu, selain gula," kata Direktur Utama PTPN XI M Cholidi di Surabaya, Kamis (2/3).

Cholidi mengaku pekerjaan rumah perseroan yang harus dikerjakan ke depan masih banyak. Salah satunya, proyek revitalisasi atau peningkatan kapasitas pabrik gula (PG) Assembagoes dan PG Djatiroto yang menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Program yang sudah kami rancang dengan direksi lama akan kami teruskan dan kejar. Dan ini menjadi tugas berat untuk meningkatkan kinerja produksi gula, dan perolehan laba yang diukir tahun 2016 harus bisa kami pertahankan dan tingkatkan," ucapnya.

Terkait proyek diversifikasi yang akan dilakukan, kata Cholidi, di antaranya energi listrik co-generation yang ditarget bisa dilakukan pada 2018, produk biofuel, hingga produk turunan lainnya seperti fermented pellet sebagai bahan baku kimia.

"PTPN XI mempunyai potensi luar biasa yang masih bisa dikembangkan. Ke depan industri usaha gula mutlak harus diversifikasi karena itu jadi andalan dan bisa menghasilkan, namun gula tetap sebagai core bisnis utama harus dijalankan," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Operasional Dani Yanto mengatakan produk diversifikasi yang potensi untuk digarap segera adalah fermentasi ampas tebu atau fermented bagasse pellet yang digunakan sebagai bahan baku kimia.

"Potensi fermented bagasse pellet dari pabrik gula Assembagoes saja bisa mencapai 100 ton per hari. Dan harga fermented bagasse pellet bisa mencapai 2.000 per kg, bahkan potensi negara yang butuh produk ini seperti Jepang, Taiwan dan Korea," tuturnya.

Sebelumnya PTPN XI pada 2017 telah memproyeksikan kinerja laba bisa mencapai Rp86 miliar berdasarkan penghitungan prognosa September. Dan pada 2016 PTPN XI berhasil mencetak laba hingga Rp 132 miliar.

Untuk total produksi gula PTPN XI pada 2016 tercatat mencapai 142.000 ton dengan rendemen tertinggi dari PG Assembagoes 7,08%. Tahun 2017 ditargetkan rendemen bisa mencapai 8,04%.

(Malik Ibrahim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×