CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.012,04   -6,29   -0.62%
  • EMAS990.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

PTPP Pastikan Ikut Serta Tender Proyek Infrastruktur di IKN Nusantara


Rabu, 06 Juli 2022 / 13:22 WIB
PTPP Pastikan Ikut Serta Tender Proyek Infrastruktur di IKN Nusantara
ILUSTRASI. PTPP Akan Ikut Serta Tender Proyek Infrastruktur di IKN Nusantara


Reporter: Dimas Andi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT PP (Persero) Tbk (PTPP) menanggapi pelelangan sejumlah proyek infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara oleh pemerintah pada tahun 2022.

Dalam berita sebelumnya, pemerintah mengumumkan mulai melelang proyek Jalan Tol IKN segmen Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang. Proyek ini menggunakan dana APBN dengan nilai pagu Rp 2,2 triliun dan nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) Rp 2,2 triliun.

Jalan Tol Simpang Sepadung-Jembatan Pulau Balang merupakan bagian dari ruas jalan tol Bandara Sepinggan-Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Selain itu, pemerintah juga akan mulai menggelar tender proyek pembangunan istana negara dan kantor presiden di IKN Nusantara.

Baca Juga: PTPP Lakukan Pemancangan Pertama SPAM Tanah Merah Kapasitas 200 Lpd

Corporate Secretary PTPP Bakhtiyar Efendi mengaku, sudah ada beberapa proyek IKN Nusantara yang mulai dilelang oleh pemerintah dan tentu saja PTPP sebagai kontraktor akan mengikuti proses tender tersebut.

Sejauh ini, PTPP belum mendapat penugasan atau penunjukan langsung oleh pemerintah terkait proyek IKN. “Jadi, semuanya dilakukan melalui proses lelang atau tender,” imbuh dia, Rabu (6/7).

Ia menambahkan, dengan kondisi bahwa beberapa proyek yang akan berjalan bersamaan di IKN mendapat prioritas untuk selesai di tahun 2024, maka tantangan utamanya ada pada aspek ketersediaan sumber daya material dan alat kerja.

Oleh karena itu, langkah antisipasi pertama yang dilakukan PTPP adalah dengan membangun Batching Plan dan Asphalt Mixing Plant (AMP) di area sekitar IKN Nusantara. “Ini untuk memastikan agar ketersediaan material dan alat kerja pada saat konstruksi berjalan dapat terpenuhi dengan cepat,” tandas dia.

 

 

PTPP sebenarnya telah berpengalaman menggarap proyek-proyek infrastruktur di Kalimantan. Perusahaan ini telah menyelesaikan proyek Bandara Sepinggan, Tol Samarinda-Balikpapan, Bandara Tarakan, Jembatan Kembar Samarinda, Jembatan Kapuas Pontianak, PLTMG Bangkanai, PLTG Pontianak, Stadion Utama Palaran Samarinda, Dermaga Kariangau Balikpapan, Bandara Banjarmasin, dan beberapa proyek jalan nasional.

PTPP juga sedang melangsungkan proyek kilang atau RDMP milik PT Pertamina (Persero) di Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Data Analysis with Excel Pivot Table Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×