kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PUPR apresiasi kampanye 'Setuju' Hutama Karya di Tol Trans Sumatera


Sabtu, 11 Januari 2020 / 17:49 WIB
PUPR apresiasi kampanye 'Setuju' Hutama Karya di Tol Trans Sumatera
ILUSTRASI. Direktur Utama Hutama Karya Bintang Perbowo menunjukkan buku saku sebagai bagian dari kampanye?peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) alias SETUJU


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengapresiasi upaya kampanye peningkatan kesadaran berkendara di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang digagas PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya).

Menurut Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja, kampanye peningkatan kesadaran berkendara harus terus digaungkan di jalan tol.

“Terlebih Jalan Tol Trans Sumatera nantinya menjadi jalan tol terpanjang di Indonesia, dan menjadi hal baru terutama bagi masyarakat Sumatra. Sehingga dibutuhkan kesadaran yang penuh para pengendara untuk melintas di jalan tersebut,” kata Endra dalam keterangannya, Jumat (10/1).

Baca Juga: Hutama Karya: Mulai besok ruas Tol Terpeka diberlakukan tarif normal

Menurutnya, kasus kecelakaan jalan tol lebih besar karena faktor manusia atau kendaraan, ketimbang faktor teknis desain infrastruktur. “Seperti dahulu, kampanye seperti ini harus terus digaungkan. Mengingatkan rambu batas kecepatan dan data-data kasus kecelakaan,” paparnya.

Terlepas dari itu, PUPR bersama operator jalan mengaku siap untuk mereview jika ada indikasi kasus kecelakaan jalan tol karena faktor desain. “Ini bisa indikasinya terlihat dari kasus kecelakaan terjadi pada satu titik tertentu dan berulang-ulang. Ini memungkinkan adanya kesalahan desain,” katanya.

Langkah ini mendukung PUPR untuk melanjutkan pembangunan jalan tol di Pulau Sumatra sepanjang 2.974 Km dari Lampung hingga Aceh yang ditargetkan akan selesai pada tahun 2024.

Hingga November 2019, Tol Trans Sumatera yang sudah beroperasi sepanjang sepanjang 467,6 km.  Ruas yang sudah operasional tersebut yakni Bakauheni – Terbanggi Besar 141 km, Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 Km, Palembang – Indralaya 22 km, Medan – Binjai 10,46 km, Medan – Kualanamu – Tebing Tinggi 62,2 km dan Belawan - Medan - Tanjung Morawa 43 km.

Baca Juga: Kampanye 'Setuju' Hutama Karya di Trans Sumatera mendapatkan respon positif

“Tol Terbanggi Besar - Pematang Panggang-Kayu Agung , ruas tol Trans Sumatera yang selanjutnya akan beroperasi pada Desember 2019 adalah Jalan Tol Kayu Agung-Palembang-Betung seksi 1 Kayu Agung-Jakabaring sepanjang 33,5 km,” lanjutnya.

Berdasarkan data Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, progres ruas jalan tol tersebut sudah mencapai sekitar 97%.  Dengan tambahan ruas tersebut, maka total panjang Trans Sumatera hingga akhir 2019 mencapai 501,16 km.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×