kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pupuk Indonesia Menjamin Harga Pupuk Masih Terjaga


Rabu, 09 Maret 2022 / 20:16 WIB
Pupuk Indonesia Menjamin Harga Pupuk Masih Terjaga
ILUSTRASI. Distribusi pupuk subsidi.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perang antara Rusia dan Ukraina dikhawatirkan berpengaruh pada kenaikan harga pupuk di pasar dalam negeri jika konflik antara Rusia dan Ukraina terus berlarut-larut. Adapun konflik kedua negara menyebabkan pengiriman pupuk impor terganggu.

Sebagai informasi, Indonesia turut mengandalkan impor pupuk, baja, dan besi dari Rusia. Mengutip dari Kompas, Associate Researcher Center For Indonesian Policy Studies (CIPS) Krisna Gupta mengatakan, berdasarkan data dari UN Comtrade, Ukraina memasok sekitar 23,51% gandum Indonesia pada 2020. Sedangkan, tercatat sebanyak 15,75% pupuk impor Indonesia datang dari Rusia.

Menanggapi itu, SVP Komunikasi Korporat Pupuk Indonesia, Wijaya Laksana mengatakan saat ini secara umum untuk produk Pupuk Indonesia belum terkena langsung dampak dari perang Rusia-Ukrainia. 

Baca Juga: Harga Pupuk Bisa Naik Jika Perang Rusia-Ukraina Terus Terjadi

“Harga jual kami untuk produk non subsidi, terutama untuk ke sektor retail, masih kami pertahankan di harga lama. Hal ini agar tidak memberatkan para konsumen terutama petani,” kata dia kepada Kontan.co.id, Rabu (9/3). 

Adapun Pupuk Indonesia juga menjamin harga pupuk bersubsidi tidak mengalami perubahan tetap sesuai HET yang ditentukan Pemerintah, selama penebusannya dilakukan di kios resmi dan sesuai aturan. “Untuk saat ini stok pupuk subsidi maupun non subsidi masih terjaga sehingga tidak terpengaruh dari konflik di Eropa. Begitu juga dengan harga untuk pasar domestik,” tambahnya. 

Namun, dia bilang memang ada bahan baku NPK yang diimpor dari Rusia. Untuk itu, pihaknya sudah mengantisipasi dengan menyiapkan stok yang cukup dan membeli bahan baku dari sumber alternatif, misalnya dari Kanada.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×