kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.136.000 0,26%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Raih Pendanaan, Maka Motors Akan Memperluas Produksi Motor Listrik


Jumat, 21 Juli 2023 / 11:05 WIB
Raih Pendanaan, Maka Motors Akan Memperluas Produksi Motor Listrik


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kendaraan Listrik tengah naik daun di berbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Maka Motors sebagai perusahaan rintisan (start up) elektronik menjadi satu dari beberapa perusahaan rintisan di Indonesia yang turut meramaikan pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Founder dan Chief Executive Officer Maka Motors, Raditya Wibowo berujar bahwa pihaknya tengah melakukan penelitian dan pengembangan (R&D) selama dua tahun untuk mengembangkan kendaraan listrik roda dua.

Dia menilai ada sejumlah persepsi bahwa kendaraan listrik masih belum sepenuhnya bisa menjadi pengganti serius untuk sepeda berbahan bakar bensin. Kendaraan listrik masih belum dianggap sebagai pengganti yang kompetitif.

"Bagi banyak orang Indonesia, sepeda motor menjadi aset termahal mereka. Jadi ada harapan yang tinggi dari motor meraka. Mereka perlu memiliki driving range. Mereka membutuhkan tenaga yang cukup untuk menyalip mobil di jalan. Mereka juga perlu tampil keren, perlu ada ruang penyimpanan yang cukup agar nyaman untuk membawa penumpang," jelas Radit. 

Baca Juga: Penjualan Mobil Listrik Makin Melaju

Tetapi dia melihat belum ada produk motor listrik di Indonesia yang menjawab semua tantangan di atas. Untuk itu, ini yang akhirnya dijadikan peluang olehnya kemudian ingin membuat produk motor listrik yang memiliki daya saing dengan kendaraan motor berbahan bakar bensin. 

Kemudian terkait dengan pendanaan, dia mengatakan bahwa hal ini memang menjadi satu yang terpenting bagi perusahaan rintisan untuk menjalankan bisnis mereka. 

Dia bercerita, selama perusahaan memiliki ide yang solid dan eksekusi yang kuat pihaknya yakin bahwa pendanaan akan ikut menyertai. Baru-baru ini, Maka Motors mendapat pendanaan tahap awal sebesar US$ 37,6 juta atau setara Rp 563 miliar. 

Baca Juga: Startup Motor Listrik MAKA Motors Raih Pendanaan Awal Rp 563 Miliar dari AC Ventures

Co-Founder & Chief Technology Officer Maka Motors Arief Fadillah mengatakan pendanaan ini, Maka Motors akan memperluas dan melanjutkan operasional serta fasilitas penelitian dan pengembangannya untuk mempercepat produksi sepeda motor listrik. 

Produk masal pertama Maka Motors saat ini sedang dalam tahap pilot project dan akan siap diluncurkan tahun depan. Maka Motors juga akan membangun pabrik di Jawa Barat mulai akhir tahun ini. 

Saat ini, Maka Motors  mulai merekrut sumber daya manusia yang punya pengalaman bekerja di perusahaan global di Indonesia, Jepang, hingga Jerman. 

"Selain membuat motor listrik, kami bermimpi untuk meningkatkan kemampuan SDM Indonesia di bidang R&D dan manufaktur otomotif, dengan mengajak talenta lokal kita bergabung dengan Maka Motors,” terang Arief. 

Selanjutnya: Gejala Gout di Jempol Kaki, Cek Juga Cara Mengobati Asam Urat

Menarik Dibaca: Panduan Cara Mengatasi Saat Tidak Bisa Login Shopee lewat 3 Langkah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM) Supply Chain Management on Distribution Planning (SCMDP)

[X]
×