Reporter: Andy Dwijayanto | Editor: Rizki Caturini
JAKARTA. PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk (RALS) akan meluaskan segmen pasarnya dari sebelumnya menengah ke bawah menjadi ke segmen lebih ke atas. Hal ini didasari masih banyaknya potensi dan peluang yang bisa dimanfaatkan perusahaan itu.
Hal ini dilakukan seiring dengan transformasi perusahaan sejak tahun lalu dengan mengubah atau mengonversikan gerai department store berlabel Robinson menjadi Spar. Harapannya, perluasan segmen akan bisa menggenjot pertumbuhan penjualan yang tahun ini ditargetkan di level 8%.
"Sedikit lebih lebar segmen pasar, yang biasanya kelas C dan D, sekarang kami coba ambil segmen B minus," ujar Aloysius Santosa, Hubungan Investor RALS kepada KONTAN, Kamis (20/7).
Dirinya juga tidak sepakat bila sektor ritel saat ini lesu, apalagi berkaca pada banyak data yang mengatakan penjualan sepanjang puasa dan Lebaran tak setinggi biasanya. Penurunan daya beli juga tidak separah yang dibicarakan banyak orang karena yang terjadi adalah perubahan pola pengeluaran saja.
"Masih harus ada evaluasi lebih dalam untuk simpulkan ada penurunan daya beli dan lainnya," lanjutnya.
Oleh karena itu pihaknya terus melakukan inovasi dan transformasi, bukan hanya untuk mengejar target pertumbuhan, tetapi juga untuk bisa bertahan di tengah persaingan. Salah satunya adalah mengonversi sebagian gerai Robinson sejak tahun lalu.
Asal tahu saja saat ini RALS memiliki 116 gerai dengan proporsi terbanyak dengan format 2 in 1 yakni department store sekaligus supermarket. "Kami tetap dengan program transformasi yang sudah kami mulai dari tahun 2016," lanjutnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News