kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.444.000   1.000   0,07%
  • USD/IDR 15.340   65,00   0,42%
  • IDX 7.832   19,65   0,25%
  • KOMPAS100 1.193   8,54   0,72%
  • LQ45 967   7,57   0,79%
  • ISSI 228   1,17   0,52%
  • IDX30 493   4,42   0,90%
  • IDXHIDIV20 594   3,60   0,61%
  • IDX80 136   1,13   0,84%
  • IDXV30 139   0,76   0,55%
  • IDXQ30 165   1,38   0,84%

Ranch Supermarket Bakal Tambah Toko Baru, Bagaimana Hero Supermarket dan Super Indo?


Selasa, 06 Agustus 2024 / 20:07 WIB
Ranch Supermarket Bakal Tambah Toko Baru, Bagaimana Hero Supermarket dan Super Indo?
ILUSTRASI. Memasuki semester kedua tahun 2024, sejumlah emiten dan perusahaan supermarket kembali memperkuat ekspansinya . TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Reporter: Sabrina Rhamadanty | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki semester kedua tahun 2024, sejumlah emiten dan perusahaan supermarket kembali memperkuat ekspansinya di berbagai wilayah Indonesia.

Salah satu perusahaan ritel modern, PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC), pemilik RANCH Supermarket, berencana menambah dua toko baru di kota Semarang dan Jakarta pada kuartal ketiga tahun ini. 

Johartono Susilo, Direktur Utama RANC, menyatakan bahwa ekspansi ini akan menggunakan dana dari anggaran belanja modal (CAPEX) tahun 2024 sebesar Rp49,5 miliar. 

Dana tersebut juga akan dialokasikan untuk renovasi toko yang sudah ada serta peremajaan peralatan.

"Perusahaan telah menetapkan serangkaian strategi yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja secara keseluruhan, termasuk adopsi strategi pemasaran yang lebih baik untuk meningkatkan penjualan, serta memperluas jaringan distribusi guna memperkuat penetrasi pasar. Kami juga akan tetap fokus pada penjualan produk segar berkualitas tinggi dengan pengawasan ketat terhadap rantai pasok bahan baku," jelas Johartono.

Hingga 31 Desember 2023, RANC telah mengoperasikan 65 toko yang terdiri dari berbagai merek seperti Ranch Market, Farmers Market, The Gourmet by Ranch Market, Day2Day by Farmers Market, dan Pasarina, yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia termasuk Jabodetabek, Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan, Sumatera, Maluku, hingga Makassar.

Baca Juga: Garap Peluang Bisnis Belanja dari Quick Commerce

Berbeda dengan RANC, PT Hero Supermarket Tbk (HERO) pemilik Hero Supermarket, pada semester ini tidak lagi menangani operasional maupun pengembangan bisnis supermarket tersebut. 

Diky Risbianto, Head of Corporate and Consumer Affairs HERO, menyatakan bahwa seluruh kepemilikan segmen bisnis makanan Hero Supermarket telah dialihkan ke PT Hero Retail Nusantara (HRN) sejak akhir Juni lalu. 

"Proses pengalihan bisnis dan transisi telah selesai pada akhir Juni, sehingga kami tidak lagi menangani operasional maupun pengembangan bisnis Hero Supermarket," ujar Diky.

Pasca penyelesaian tersebut, operasi HERO akan sepenuhnya berfokus pada bisnis Guardian dan IKEA di Indonesia. 

Diky juga menyebutkan bahwa Guardian akan melanjutkan ekspansi dengan menambah gerai baru di sisa tahun 2024, namun ekspansi ini belum berlaku untuk IKEA, yang saat ini masih terpengaruh oleh penurunan permintaan konsumen.

"Sejalan dengan komitmen Guardian dalam meningkatkan aksesibilitas pelanggan, kami akan melanjutkan penambahan gerai Guardian di sisa tahun 2024 ini," jelasnya. 

"Namun, untuk IKEA, belum ada rencana ekspansi atau penambahan gerai dalam waktu dekat karena masih ada penurunan permintaan di sektor furnitur rumah tangga," tambah Diky.

Baca Juga: Sudah Punya 234 Gerai, Super Indo Bakal Tambah Gerai Baru di 5 Kota Berbeda

Tidak ketinggalan, jaringan supermarket Super Indo juga berencana melanjutkan ekspansinya di tahun ini. 

Yuvlinda Susanta, General Manager of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, menyatakan bahwa hingga saat ini Super Indo telah memiliki total 234 gerai yang tersebar di wilayah Sumatera dan Jawa. 

"Kami saat ini memiliki 234 gerai yang tersebar di lebih dari 40 kota, mayoritas di Jawa dan Sumatera," ungkap Yuvlinda saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (01/08).

Yuvlinda juga mengungkapkan bahwa Super Indo berencana untuk menambah gerai di lima kota baru tahun ini, meskipun ia belum dapat menyebutkan kota-kota mana saja yang menjadi target ekspansi. 

Meski demikian, Super Indo belum berencana membangun gerai di Ibu Kota Negara (IKN), meskipun ada rencana untuk ekspansi ke wilayah Indonesia bagian timur.

"Kami sedang mengarah ke wilayah timur Indonesia untuk ekspansi gerai. Tidak ada kendala dalam penambahan gerai, namun kami memastikan bahwa semua gerai yang kami siapkan memenuhi standar yang ditetapkan," tutup Yuvlinda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management Principles (SCMP) Mastering Management and Strategic Leadership (MiniMBA 2024)

[X]
×