kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   20.000   1,05%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

Registrasi kartu prabayar bisa tekan churn rate


Senin, 21 April 2014 / 19:53 WIB
Registrasi kartu prabayar bisa tekan churn rate
ILUSTRASI. RSPI Sulianti Saroso


Reporter: Merlinda Riska | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Asosiasi Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) mendukung pemerintah untuk lakukan penertiban terhadap kartu prabayar. Registrasi kartu prabayar juga diharapkan bisa menekan angka churn rate atau jumlah pengguna yang masuk atau keluar dalam jangka waktu tertentu.

Ketua ATSI Alexander Rusli menyatakan, registrasi kartu prabayar akan meningkatkan kedisiplinan dalam penggunaan kartu selular berbasis prabayar. Maklum, penetrasi kartu selular di Indonesia sudah melebihi jumlah penduduk, yaitu kisaran 120% atau kisaran 240 juta pelanggan. Hanya saja, tak semuanya masuk ke dalam kategori pelanggan aktif.

"Karena churn rate di Indonesia itu tinggi sekitar 15% setiap bulannya. Untuk itu, pada prinsipnya kami mendukung registrasi prabayar ini," kata dia di Kementerian Komunikasi dan Informasi, Senin (21/4).

Dia juga mengungkapkan, setidaknya churn rate bisa tertekan sebanyak 5%-10%. Namun, solusi untuk registrasi kartu prabayar ini harus mudah tidak boleh dipersulit. Salah satunya tentang outlet.

Pasalnya, pemerintah menyarankan agar distribusi kartu perdana prabayar dilakukan oleh outlet-outlet terdaftar. Menanggapi hal ini, Alex Rusli berujar, hal itu sebetulnya menyusahkan.

"Karena outlet itu di luar dari operator atau perpanjangan dari operator, kan ada outlet pihak ketiga atau ritel-ritel kecil. Tentu ini akan sangat kompleks. Kalau dari kami bisa dioptimalkan lewat bundling sistem TI masing-masing operator," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×