kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Rel ke pelabuhan kurangi 1.200 perjalanan truk


Kamis, 12 Juni 2014 / 14:12 WIB
Rel ke pelabuhan kurangi 1.200 perjalanan truk
ILUSTRASI. Harga Emas Antam dan UBS Hari Ini (17/1) di Pegadaian Kompak Turun. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Sanny Cicilia

JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) akan membangun rel kereta api yang langsung memasuki pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan berharap, pembangunan rel ini bakal mengurangi keruwetan lalu lintas ibukota, dan akan mengurangi volume truk khususnya yang melintasi Jakarta Utara, khusus Cikarang Dryport.

Dahlan bilang, kapasitasnya nanti bertambah. Jika sekarang ini 3 kereta, nanti bisa sampai 20 kereta. Ini akan mengurangi kepadatan hingga 600 truk per hari (asumsi 1 kereta sama dengan 30 truk).

"Ada juga yang hilir mudik, jadi mungkin sampai 1.200 perjalanan truk per hari," ujar Dahlan ditemui usai rapat pimpinan BUMN, di Kantor Pelni, Jakarta, Kamis (12/6).

Dahlan mengingatkan, dua tahun lalu KAI sudah mengusulkan hal tersebut, dan dia mengklaim telah menyetujui. Namun, Kementerian Perhubungan ternyata memiliki rencana sama bahkan telah dianggarkan dalam APBN.

"Maka ya sudah kita tunggu Kemenhub bangun. Tapi karena sampai hari ini belum terbangun dan mengatasi keruwetan di Jakarta Utara mendesak, saya minta KAI ke Kemenhub dan sampaikan KAI saja yang bangun," kata dia.

Jika disetujui dalam bulan ini, maka pelaksanaan pembangunan bisa dimulai dua hingga tiga bulan mendatang. Dahlan optimistis, lantaran jaraknya yang cukup pendek, yakni hanya 500 meter, maka akhir tahun sudah bisa beroperasi. "Sekarang terserah Kemenhub, tapi kita harap dikasihkan KAI, karena KAI juga punya uang," jawabnya ditanya perihal izin dari Kemenhub.

Adapun anggaran untuk pembangunan ini ditaksir tak lebih dari Rp 20 miliar, sudah termasuk pembebasan lahan. Menurut Dahlan, ada tiga kelebihan jika rel tersebut dibangun KAI. Pertama, lebih cepat, dan kedua, lebih fleksibel. Sedangkan alasan ketiga adalah lebih hemat anggaran negara.

"Apalagi sekarang, APBN kan harus dipotong, sehingga lebih menghemat APBN," ujarnya. (Estu Suryowati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×