kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ritase Bersinergi dengan Kominfo Mengembangkan Teknologi Logistik di Ibukota Baru


Minggu, 24 April 2022 / 22:30 WIB
Ritase Bersinergi dengan Kominfo Mengembangkan Teknologi Logistik di Ibukota Baru
ILUSTRASI. Ritase, sebuah layanan truk berbasis aplikasi yang mengembangkan transportasi multimoda (combined transport)


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ritase sebuah platform layanan logistik ikut membantu mengembangkan pemanfaatan teknologi dan informasi di Ibu Kota Negara (IKN). Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) melalui Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika-Direktorat bersinergi dengan Ritase mengembangkan teknologi untuk mendukung transformasi digital di sektor pengiriman barang

Iman Kusnadi, CEO & Founder Ritase menyebutkan melalui sinergi ini nantinya bakalan ada teknologi proses pengiriman yang bisa dimonitor secara langsung dan menggunakan sistem pelaporan yang detail di kawasan IKN.  

“Efisiensi tercipta dan terbentuk saat pemanfaatan teknologi dilakukan pada sektor logistik. Dan Ritase membuat sebuah platform logistik yang terkoneksi antara pengirim barang dan perusahaan jasa logistik, baik pergudangan maupun trucking. Ritase juga merambah ke jalur darat, laut, dan udara,” ujar Iman dalam keterangannya, Minggu (24/4).  

Sejalan dengan pencanangan IKN Nusantara, pemerintah memang terus mendorong pengembangan kawasan-kawasan industri di area Kalimantan Timur yang diantaranya berbasis kelapa sawit, batubara, migas, dan pertanian di terutama di area Penajam, Balikpapan dan Samarinda. Beberapa aspek yang diperhatikan adalah konektivitas, biaya logistik dan waktu tempuh area-area tersebut.

Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika-Direktorat mengimplementasikan arahan Presiden Republik Indonesia tentang langkah-langkah menuju transformasi digital nasional dengan mengambil peran dalam meningkatkan pemanfaatan teknologi dan informasi yang salah satunya bertujuan untuk mendukung transformasi digital di sektor logistik.

“Pemanfaatan TIK yang dimaksud yaitu dengan melakukan transformasi digital di beberapa sektor strategis yang sesuai ruang lingkup tugas dan fungsi kami. Mulai dari membangun data center sampai dengan ratusan startup digital aktif dan memfasilitasi startup naik kelas. Sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dalam mensinkronkran aktivitas logistik sesuai dengan visi yang ingin dicapai,” ungkap Wijayanto, Koordinator Insiatif Digital Sektor Strategis, Direktorat Ekonomi Digital, Layanan Aplikasi Informatika (APTIKA), Kominfo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×