kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45882,93   -5,57   -0.63%
  • EMAS933.000 -0,43%
  • RD.SAHAM -0.64%
  • RD.CAMPURAN -0.17%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Rukun Raharja (RAJA) siapkan dana US$ 80 juta untuk proyek Pipa Rokan


Selasa, 30 Maret 2021 / 22:35 WIB
Rukun Raharja (RAJA) siapkan dana US$ 80 juta untuk proyek Pipa Rokan
ILUSTRASI. Rukun Raharja (RAJA) siapkan dana US$ 80 juta untuk proyek Pipa Rokan

Reporter: Muhammad Julian | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. PT Rukun Raharja Tbk sudah ambil ancang-ancang untuk menggarap proyek Pipa Rokan bersama PT Pertamina Gas (Pertagas). Emiten berkode saham “RAJA” tersebut telah mengalokasikan sebagian dari anggaran belanja modal atau capital expenditure (capex) tahun ini untuk proyek tersebut.

Corporate Secretary Rukun Raharja , Yuni Pattinasarani mengatakan, dari total capex US$ 100 juta untuk tahun 2021,  RAJA telah menyiapkan anggaran US$ 70 - 80 juta untuk proyek Pipa Rokan. “Untuk sumber dana Perseroan dari pinjaman bank dan dana internal Perseroan,” kata Yuni kepada Kontan.co.id, Selasa (30/3).

Seperti diketahui, Pipa minyak Blok Rokan memiliki panjang kurang lebih 352,43 kilometer (km) dan terdiri dari 12 segmen dan stasiun sebanyak 3 segmen termasuk fasilitas-fasilitas pendukungnya. Nilai proyek ini berjumlah sebesar US$  300 juta.

Seperti diketahui, RAJA telah menandatangani Perjanjian Kerja Sama Operasi (KSO) pelaksanaan proyek pembangunan dan pengoperasian pipa minyak bumi Koridor Balam-Bangka-Dumai dari Koridor Minas-Duri-Dumai (“Pipa Rokan”) dengan Pertagas pada tanggal 21 Oktober 2020 lalu, setelah sebelumnya mengikuti pemilihan mitra strategis yang diadakan oleh Pertagas.

Baca Juga: Rukun Raharja (RAJA) berminat garap proyek pipa Rokan dengan Pertagas

Berdasarkan kesepakatan yang ada, RAJA sebagai mitra strategis akan memberikan pendanaan sebesar 25% untuk berbagi kontribusi terhadap nilai investasi, risiko dan manfaat/keuntungan. RAJA sendiri tidak memiliki kuasa untuk menggandeng mitra strategis lainnya dalam partisipasi  pendanaan tersebut, sebab pelibatan mitra strategis hanya dapat dilakukan oleh Pertagas.

Dengan demikian, RAJA akan memberikan partisipasi pendanaan sebesar US$ 75 juta atau setara 62% dari total ekuitas perusahaan per 30 September 2020 yang sebesar US$ 121,08 juta.

Makanya, karena tergolong transaksi material berdasarkan POJK No. 17/2020, RAJA bakal menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (“RUPSLB”) pada tanggal 27 April 2021 guna meminta persetujuan pemegang saham atas rencana KSO RAJA dengan pihak Pertagas dalam proyek Pipa Rokan.

“Keikutsertaan RAJA dalam KSO ini akan efektif setelah mendapatkan persetujuan dari pemegang saham,” terang Yuni.

Setelah beroperasi nanti, RAJA dan Pertagas akan melakukan kerja sama dalam hal penyewaan pipa untuk mengalirkan minyak dari Blok Rokan. Dari kerja sama itu, RAJA akan mendapat jatah porsi 25% dari pendapatan yang diperoleh, sesuai dengan porsi pendanaan yang akan dilakukan oleh pihak RAJA.

Baca Juga: PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) Siap Menadah Hasil Kerja Sama Operasi Proyek Rokan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Menagih Utang Itu Mudah Batch 5 Data Analysis & Visualization with Excel Batch 3

[X]
×