kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Saat motor mogok terabas banjir, ini yang perlu dilakukan


Sabtu, 12 Oktober 2019 / 12:46 WIB
Saat motor mogok terabas banjir, ini yang perlu dilakukan
ILUSTRASI. Banjir Bekasi ----- Pengendara sepeda motor nekat menerobos banjir di Bekasi, Jawa Barat, Senin (26/1/2018). Banjir yang terjadi akibat buruknya sistem drainase ini merugikan pengguna jalan sehingga kendaraannya terjebak banjir dan tentunya menyebabkan ke


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - Musim hujan sudah di depan mata. Tak sedikit pengendara sepeda motor yang menerabas genangan bahkan banjir. Jika sudah begitu pilihannya adalah ada yang berhasil lewat atau justru mogok.

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Karawang, mengatakan, jika motor mogok saat terabas banjir cari tempat yang kering, diamkan motor dan jangan langsung nyalakan mesin.

Baca Juga: Topan hebat akan melanda sejumlah kota di Jepang malam ini, ratusan ribu mengungsi

"Mogok dikarenakan cangklong busi dan busi terkena air. Lepaskan cangklong busi lalu keringkan, biaa ditiup atau pakai lap kering. Businya juga demikian," kata Suherman kepada Kompas.com, Jumat (11/10/2019).

Suherman mengatakan, selain mengeringkan cangklong busi dan busi, perhatikan apakah saat mogok ada bunyi aneh di bagian mesin seperti bunyi besi benturan atau bunyi gesekan keras. Jika iya maka masalahnya bukan busi.

"Yang perlu jadi catatan jangan mencoba untuk menerobos banjir dikarenakan yg pertama bisa jadi mesin macet Karena pukulan dari suhu mesin panas ke dingin (water hammer) yang bisa mengakibatkan mesin macet," katanya.

Baca Juga: Ini batas aman motor menerobos genangan air pada musim hujan

Suherman mengatakan, buat yang menerabas genangan air ada baiknya segera periksa kondisi mesin ke bengkel. Sebab dikhawatirkan tetap ada air yang masuk ke mesin dan jangan sampai bercampur dengan oli.

"Jika sudah terlanjur menerjang banjir selalu periksa kondisi motor, dikarenakan air masuk ke bagian mesin dan bercampur dengan oli," katanya. (Gilang Satria)

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Perlu Dilakukan saat Motor Mogok Terabas Banjir",
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×