kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat Ramadan, XL Axiata (EXCL) Proyeksi Trafik Layanan Data Naik 30%


Selasa, 14 Maret 2023 / 07:03 WIB
Saat Ramadan, XL Axiata (EXCL) Proyeksi Trafik Layanan Data Naik 30%
ILUSTRASI. XL Axiata (EXCL) memproyeksikan trafik layanan bisa meningkat 30% sepanjang Ramadan hingga Lebaran.


Reporter: Yuliana Hema | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT XL Axiata Tbk (EXCL) memproyeksikan trafik layanan bisa meningkat 30% sepanjang Ramadan hingga Lebaran. Untuk itu, EXCL mulai bersiap menyambut lonjakan trafik tersebut dengan uji jaringan. 

Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa bilang biasanya momen Ramadan dan Lebaran trafik penggunaan layanan telekomunikasi dan data meningkat cukup signifikan. 

"Kami memprediksi, sepanjang Ramadan hingga Lebaran nanti, trafik layanan XL Axiata akan meningkat hingga 30% dibandingkan hari biasa," jelasnya dalam keterangan, Senin (13/3).

Gede menjelaskan kenaikan trafik di setiap Ramadan dan Lebaran ini bisa terjadi karena tidak terlepas dari perubahan perilaku pelanggan. Pasalnya, saluran digital menjadi sarana untuk berkomunikasi. 

Baca Juga: Fokus Refinancing, XL Axiata (EXCL) Bakal Terbitkan Obligasi pada Kuartal III-2023

EXCL memperkirakan trafik akan meningkat hingga 10% selama Ramadan dibandingkan trafik di hari biasa, dan akan meningkat hingga 15% saat masuk di masa libur Lebaran.

Selain meningkatkan kapasitas, lanjut Gede, langkah antisipasi yang dilakukan EXCL termasuk optimalisasi jaringan dengan melihat kemungkinan pergerakan mobilitas masyarakat  saat masa libur Lebaran. 

"Untuk menjamin kemampuan jaringan kami menampung lonjakan trafik nanti, kapasitas tetap kami naikkan hingga  kali dari hari normal," tutur Gede. 

Nantinya, EXCL akan melakukan pengerahan dan penempatan armada mobile BTS sebanyak sekitar 140 unit untuk mendukung penguatan jaringan di berbagai lokasi yang rawan terjadi kepadatan trafik. 

 

Hingga saat ini, jaringan 4G XL Axiata telah menjangkau pelayanan di lebih dari 61 ribu desa/kelurahan, 5.700 kecamatan, dan 469 kabupaten di 34 provinsi Indonesia. EXCL punya 145 ribu BTS termasuk lebih dari 90 ribu BTS 4G dan fiber optik yang membentang sepanjang lebih dari 130 ribu kilometer (km).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×