kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Saat yang tepat mendobrak aturan dekorasi


Senin, 10 Oktober 2016 / 16:01 WIB
Saat yang tepat mendobrak aturan dekorasi


Sumber: rumahku.com | Editor: Rizki Caturini

JAKARTA. Aturan dekorasi membantu kita mengetahui bagaimana bekerja dengan keseimbangan, skala, dan proporsi sedemikian rupa agar kamar menjadi menyenangkan untuk dilihat mata. Aturan dekorasi tidak mencoba untuk mendikte bagaimana kita menghias, melainkan bagaimana cara untuk meletakkan segala sesuatu bersama-sama sehingga mendapatkan hasil yang terbaik. 

Tapi terkadang saat diterapkan, ada beberapa aturan yang ternyata hasilnya tidak terlalu memuaskan bagi Anda. Karena persepsi keindahan tentu tergantung pada mata yang melihatnya.  Jadi sebuah aturan dekorasi pada dasarnya bersifat sesuai kondisi, dan dapat dilanggar pada kondisi tertentu. 

Seperti halnya aturan jangan menghadirkan lebih dari tiga pola dalam satu kamar. Aturan  tiga pola per kamar adalah satu yang terbaik, terutama ketika Anda menggunakan warna-warna dengan intensitas yang sama, menyeimbangkan mereka merata di seluruh ruangan, dan berbeda skala (satu besar, satu sedang, dan satu kecil, atau satu besar dan dua sedang, misalnya).

Pola pencampuran dapat membuat tampilan ruangan terlihat kacau, dan aturan tiga pola dapat membantu untuk memastikan tidak terjadi kekacauan saat Anda mendekorasi. 

Bila Anda memiliki sebuah ruangan besar atau Anda hanya benar-benar mencintai pola. Kamar besar dapat menangani lebih, jadi hadirkan lapisan sebanyak yang Anda mau. Namun tetap Anda harus berhati-hati saat melakukannya. 

Aturan berikutnya, kamar kecil menggunakan warna terang. Memang benar, warna terang membuat ruangan kecil terlihat lebih besar. Pastel, warna putih, dan netral menghasilkan cahaya terbaik untuk menciptakan perasaan keterbukaan. Itu mengapa mereka sering direkomendasikan untuk ruangan kecil. 

Lalu kapan Anda perlu mendobrak aturan itu, saat ingin menghadirkan suasana dramatis pada ruangan. Sebab ada juga yang menginginkan kamar kecil mereka dibuat untuk menjadi gelap, dramatis, dan nyaman.

Lalu aturan sebuah kamar harus menerapkan gaya tunggal. Ada banyak gaya yang dapat Anda terapkan pada sebuah kamar, modern, tradisional, bohemian, dan lain-lain. Anda dapat memilih salah satu dari sekian banyak yang ditawarkan.

Kapan Anda dapat mendobraknya, saat setiap gaya dirasa tidak cocok diterapkan pada ruangan Anda. Anda memiliki keleluasaan untuk menerapkan gaya pribadi Anda. 

Selanjutnya aturan setiap kamar harus menggunakan karpet. Karpet memang dapat menambah kehangatan, kenyamanan, dan warna pada sebuah ruang, itu mengapa karpet merupakan alat dekorasi cukup penting.  

Kapan dapat mendobraknya, bila Anda ingin membuka sebuah ruangan. Menghapus karpet dapat membuat ruang terasa lebih terbuka dan lapang, yang benar-benar dapat membantu menghadirkan konsep rumah terbuka. 

(sumber : Rumahku.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×